Sunday, August 30, 2015

Puluhan gadis meninggal demi ikuti pemilihan isteri baru Raja Swaziland



Puluhan gadis tewas demi ikuti pemilihan istri baru Raja Swaziland
Festival tari pemilihan isteri Raja Swaziland. ©2015 Merdeka.com
Sebanyak 38 gadis meninggal dalam perjalanan menuju festival tari pemilihan isteri baru untuk Raja Swaziland. Mereka meninggal dalam kemalangan bas ketika hendak menghadiri festival tahunan tersebut.

Para gadis ini hendak menghadiri festival tari dengan menggunakan truk bak terbuka. Nahas bagi mereka, truk tersebut berlaga dengan kendaeraan lain yang menyebabkan kenderaan yang mereka tumpangi tersebut terguling.

Dilaporkan surat khabar Daily Mail, Sabtu (29/8), truk yang ditumpangi para gadis perawan ini berasal dari Kota Manzini. Sementara mereka merancang  menuju Kota Mbabane pada Jumaat siang waktu setempat.

Times of Swaziland menyebutkan para gadis  yang meninggal   tersebut dibawa ke Rumah Sakit Raleigh Fitkin Memorial di Mazini.
Pesta adat yang diadakan tiap tahun di Swaziland ini merupakan pesta meriah dimana para wanita muda yang masih perawan mempertunjukkan kebolehan mereka menari di hadapan keluarga raja. Bahkan, Raja Swaziland yang sekarang sudah memiliki 14 isteri.

Festival tari ini biasanya diikuti hampir seluruh gadis di Swaziland. Tahun ini, seramai 40,000 gadis menari di depan keluarga kerajaan. Mereka diwajibkan memakai kain yang dililitkan kemudian menari dihadapan sang raja.
Yang menarik perhatian raja, itulah yang nantinya akan diangkat menjadi permaisuri. Tahun lalu, gadis 19 tahun menjadi isteri ke-14 Raja Mswati III.
Merdeka.com

No comments:

Post a Comment