Wednesday, May 25, 2016

Netanyahu dituduh korupsi wang perjalanan negara

25/5/16

Netanyahu dituding korupsi ongkos perjalanan negara
Benjamin Netanyahu. Reuters/Lior Mizrahi/Pool
  Pengawas resmi pemerintah Israel Joseph Shapira dalam laporan terbarunya mengungkap kejanggalan dalam laporan perbelanjaan  perjalanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Dalam laporan itu disebutkan ada kemungkinan Bibi, panggilan akrab Netanyahu, membuat nota ganda dan memakai wang untuk kepentingan peribadi.

Diberitakan ABC News, Selasa (24/5), laporan itu menemui rangkaian perjalanan luar negeri PM Netanyahu ketika dia masih menjadi menteri kewangan di antara tahun 2003 dan 2005. Di sana ditemui penghimpunan dana oleh penderma pihak swasta, yang berbau suapan dan menimbulkan konflik kepentingan.

Laporan itu juga menyebut PM Netanyahu tidak melaporkan secara benar soal perbelanjaan penerbangan El Al yang "bernota ganda" untuk negara dan badan swasta. Hal tersebut juga menjadi tudingan yang diarahkan kepada keluarga PM Netanyahu.

Menanggapi hal demikian, seorang peguam PM Netanyahu jelas menyangkal. Dia menegaskan tidak ada kriminaliti dalam tindakan PM Netanyahu kala itu.

Tudingan kewangan diketahui bukan yang pertama bagi PM Netanyahu. Dia memang dikenal sebagai pemimpin bergaya hidup mewah. Gajinya kerap dibelanjakan untuk perawatan tempat tinggalnya di Yerusalem, atau pun hotel mewah di tepi pantai ketika dia bercuti.

Pada 2003, terungkap anggaran belanja tahunan sebesar 10 ribu shekels atau setara dengan USD 2,565   hanya untuk pembelian ais krim di rumahnya saja. Anggaran makan untuk anjing kesayangannya, Kaya, juga menjadi sorotan. Namun hal ini disangkalnya.
Merdeka.com

No comments:

Post a Comment