Wednesday, June 15, 2016

18 singa ditangkap dan dibicarakan

Diduga mangsa manusia, 18 singa India ditangkap dan diadili
 
 ©2016 Merdeka.com/BBC/Prashant Dayal
 - Petugas penjaga satwa India menangkap 18 singa serta mengadilinya kerana dipercayai memangsa tiga orang. Langkah yang diambil petugas tersebut dianggap tidak konvensional.

Penangkapan ini dilakukan menyusul adanya enam serangan yang dilakukan singa-singa Asiatic di dekat tempat konservasi Gir, Gujarat, India.

Rancangannya singa yang dinyatakan bersalah akan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di satu zoo, sementara bakinya akan dilepas kembali ke kawasan konservasi tersebut.

Pegawai Gujarat, JA Khan, menjelaskan singa-singa tersebut ditahan selama dua bulan terakhir dalam kandang yang berbeda. Tujuannya untuk menentukan mana singa yang memangsa manusia.
"Kami sepertinya sudah boleh menentukan singa mana yang bersalah, tapi kami masih melakukan uji terhadap sembilan singa lain untuk menguatkan kesimpulan kami," kata Khan, seperti dikutip dari metro.co.uk, Selasa (14/6).

Uji cuba yang dilakukan ini mencakup ujian terhadap kotoran singa. Hal ini diungkapkan langsung oleh pakar hewan liar Ruchi Dave kepada BBC.
"Para petugas juga meneliti perilaku hewan. Singa yang memakan manusia biasanya langsung agresif begitu melihat orang," tambahnya.

Diperkirakan serangan terhadap warga antara lain didorong oleh bertambahnya populasi singa di kawasan konservasi itu.
Sumber: Merdeka.com

No comments:

Post a Comment