Saturday, June 18, 2016

Gaji Pegawai Pemerintah Terlalu Tinggi, Rakyat Marah

17/6/16

 
Reuters -Seorang lelaki sedang menghitung tumpukan mata wang rial Iran.

TEHERAN   - Khabar tentang gaji para pegawai negeri Iran yang sangat tinggi mengguncang negera itu dan mengancam dukungan publik terhadap Presiden Hassan Rouhani.

Apalagi, sejak berbagai sanksi internasional dicabut pada Januari lalu, perekonomian Iran cenderung berada dalam kondisi stagnan.

Khabar gaji selangit para pegawai negeri ini menghiasi halaman depan berbagai surat khabar Iran selama dua bulan terakhir.

Skandal ini terungkap ketika sejumlah slip gaji para pegawai negera ini muncul di dunia maya. Isinya menunjukkan gaji para pegawai tinggi perusahaan insurans  negara yang rata-rata 50 kali lebih besar dari gaji pegawai dengan pangkat terendah.

Minggu ini, Presiden Rouhani memerintahkan wakil presiden, Eshaq Jahangiri untuk menjalankan investigasi soal masalah gaji pegawai yang dianggap terlalu besar ini.

Di sisi lain, lawan-lawan politik Rouhani menggunakan situasi ini untuk menyerang sang presiden yang sudah berada di bawah tekanan untuk membuktikan bahawa kesepakatan nuklir dengan Barat memberi pengaruh positif untuk perekonomian negeri tersebut.

Sejauh ini tak diketahui siapa yang membocorkan slip gaji pegawai ke dunia maya. Dalam salah satu slip itu tertera seorang pegawai di badan asuransi negara mendapatkan gaji 870 juta rial   sebulan.

Sementara, gaji pegawai negeri dengan pangkat terendah di Iran adalah 9 juta rial  .

Padahal menurut peraturan di negera itu, gaji tertinggi pegawai pemerintah tak boleh melebihi 10 kali gaji pegawai dengan pangkat terendah.

Editor : Ervan Hardoko
Sumber: Guardian,/KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment