Thursday, July 21, 2016

Gadis Ini Bersin 8,000 Kali Sehari, Kecuali Saat Dia Tidur

 
Escade News/Daily Mail Ira Saxena (9) dan ibunya, Priya.
LONDON   - Semenjak tiga minggu lalu, Ira Saxena   bersin 10 kali seminit, kecuali ketika  tidur.

Gadis berusia 9 tahun dari Colchester, Essex, GB itu dalam sehari   bersin 8,000 kali.
Laman berita Daily Mail, Selasa (19/7/2016) mengatakan, doktor yang menangani kes gadis belia pun bingung dengan mengabaikan penyebab umum seperti udara dingin dan alergi.

"(Bersin) Ini merompak hidup hariannya - dia bahkan tidak boleh bersekolah,” kata ibu gadis tersebut.
 Ibu si gadis yang putus asa mulai memohon bantuan bagi puterinya tersebut. Menurutnya, Ira mengalami gangguan bersin itu sejak tiga minggu lalu dan sekarang 10 kali   semenit.
Doktor pun menyatakan bingung dengan kondisi misteri  dari Ira itu. Kata doktor   bersin itu tidak disebabkan oleh udara dingan atau alergi.

Satu-satunya waktu yang selesa bagi Ira ialah ketika dia tidur. Problem besar akan muncul lagi ketika dia akan mulai bangun pagi, sampai dia tidak dapat pergi ke sekolah sejak itu.
Priya, ibunda Ira, telah membawa puterinya berjumpa doktor spesialis dan klinik swasta, tapi sejauh ini tidak ada yang dapat mendiagnosis apa penyebab Ira mengeluarkan bersin dan cara menghentikannya.

“Tiga minggu lalu dia baru saja bangun, dan mulai bersin dan sejak itu belum berhenti. Awalnya perlahan-perlahan, dan sekarang telah berkembang menjadi lebih konstan dan keras,” kata Priya.
“Para doktor mengatakan, bersin  itu mungkin signal yang salah yang dikirim oleh otaknya atau gerenyet, tapi tidak ada yang dapat memastikan,” ujar Priya lagi.

Bersin membuat Ira dan ibunya kecewa. Ira menjadi sangat emosional. “Jujur, saya ingin dia kembali normal seperti sebelumnya,” kata Priya.
Pada tahun 2009, Lauren Johnson (12) dari Virginia, AS, mulai bersin ribuan kali sehari dan akhirnya didiagnosa oleh seorang ahli imunologi yang mengatakan sistem kekebalan tubuhnya terganggu kerana infeksi tenggorokan.

Tahun lalu Katelyn Thornley dari Texas, AS, juga menderita akibat ganggun bersin berkali-kali dan doktor pun bingung apa penyebabnya.
Siapa saja yang yakin bahawa mereka dapat membantu Ira atau mendiagnosa kondisi Ira diharapkan mengirimkan anjurannya ke email priya99.saxena@gmail.com. 
Sumber:KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment