Sunday, August 21, 2016

Foto Omran Dipercayai Propaganda Amerika

20/8/16

Foto Omran dan kakak perempuannya. (Foto: Reuters)
Foto Omran dan kakaknya. (Foto: Reuters)

FOTO Omran Daqneesh, kanak-kanak lima tahun korban bom Aleppo di Syria, dipercayai telah dijadikan alat propaganda oleh Amerika Syarikat. Organisasi yang dituduh tega memanfaatkan kepolosan anak-anak untuk kempen kepedulian dan aksi perdamaian mereka ialah White Helmet.

White Helmet diketahui berisi ribuan sukarelawan Syria yang selalu siap membantu mengevakuasi para korban serangan udara di negara rawan konflik tersebut. Mereka khususnya bergerak di enam wilayah yang terdampak perang paling parah yakni Aleppo, Idlib, Latakia, Homs, Daraa, dan Damaskus.
Organisasi kemanusian non-pemerintah (NGO) ini menggambarkan diri sebagai institusi bebas. Meski begitu, seperti kebanyakan NGO lainnya, dia juga mendapatkan sokongan dana dari suatu pemerintahan atau perusahaan.

Di balik White Helmet setidaknya ada dukungan financial dari United States Agency for International Development (USAID), United Kingdom Conflict Stability and Security Fund (CSSF), dan Kementerian Luar Negeri Belanda.

Berdasarkan ulasan Mint Press News, Sabtu (20/8/2016), White Helmet diduga sesungguhnya telah mendukung aktiviti terorisme. Organisasi ini sering merakam adegan-adegan penyelamatan dramatis guna dinobatkan sebagai pahlawan kemanusiaan sehingga layak diberi penghargaan Nobel Perdamaian Dunia.

No comments:

Post a Comment