Friday, August 5, 2016

Minimarket Halal Dipaksa Jual Babi dan Alkohol

5/8/16

Ilustrasi. Penjual makanan halal. (Foto: Philippe Huguen/AFP/Getty)
Ilustrasi. Penjual makanan halal. (Foto: Philippe Huguen/AFP/Getty)

COLOMBES – Sebuah minimarket berlabel halal di Colombes, Perancis, Good Price, diminta pemerintah setempat untuk menjual babi dan alkohol. Menurut pemilik tempat usaha, jika Good Price hanya menjual makanan halal, maka hal itu merupakan pelanggaran terhadap kesepakatan.
Si penyewa mengancam akan mengusir pengelola mini market Good Price jika mereka menolak permintaan tersebut. Argumentasi pemilik makanan ini didukung oleh otoriti setempat.

Sesuai peraturan yang berlaku di Negeri Mode, komuniti Perancis yang beragam tidak mendapat pelayanan yang layak, jika minimarket itu hanya menyajikan makanan atau minuman khusus kelompok masyarakat tertentu.

“Datuk Bandar Colombes, Nicole Goueta datang sendiri ke sana dan menyoal perkara ini kepada pemilik minimarket. Dia meminta ke depannya, minimarket itu boleh menyediakan alkohol dan daging non-halal demi memenuhi keperluan semua komuniti,” kata ketua staf wali kota, Jerome Besnard, seperti disitat dari Telegraph, Jumaat (5/8/2016).

Pemerintah ikut turun tangan mengingatkan sang pemilik minimarket kerana sudah ada keluhan dari para penduduk warga emas setempat. Pasalnya, mereka terpaksa berjalan jauh jika ingin membeli daging babi atau minum-minuman keras.

Menanggapi hal ini, pemilik minimarket menolak tunduk kehendak pemerentah. Mereka menyewa peguam untuk memprotes kebijakan tersebut. Kes ini khabarnya akan dibawa ke mahkamah pada Oktober akan datang.

“Ini perniagaan. Saya melihat ke sekeliling dan menyasar konsumen yang saya lihat. Mengenai perjanjian sewa, ya memang ada disebut ‘general food store dan aktiviti terkait’, tetapi itu semua tergantung bagaimana anda mengertikan kata ‘aktiviti terkait’ itu,” tukas Soulemane Yalcin, pengelola toko franchise tersebut
Okezone

No comments:

Post a Comment