Saturday, August 6, 2016

Pesawat Kargo tergelincir - tersangkut di Jalan Raya

 6/8/16

 
Corriere della Sera , Sebuah pesawat kargo jenis Boeing 737 tergelincir di landasan pacu Lapangan Terbang Bergamo, Itali  yang membuat pesawat itu masuk ke 'ring road' yang melintas   dekat  lapangan terbang.

ROM - Sebuah pesawat kargo yang gagal berhenti di landasan pacu ketika mendarat di sebuah  lapangan terbang  Itali  akhirnya terhempas hingga melanggar jalan raya   dekat  lapangan terbang itu.

Alhasil, lapangan terbang  Orio al Serio di Bergamo, Itali  harus ditutup sementara akibat insiden yang menimpa pesawat Boeing 737 yang datang dari Paris, Jumaat (5/8/2016) pagi.

Pesawat barang itu mendarat di landasan yang basah setelah diguyur hujan lebat. Licinnya landasan pacu membuat pilot tak dapat mengawal   pesawat hingga terlanggar pembatas dan masuk ke jalan raya yang melingkari lapangan terbang  itu.

Beberapa laporan menyebut sejumlah pemandu kereta melintas di jalan itu ketika pesawat tersebut terhempas di jalanan.

Beruntung tak ada korban jatuh akibat insiden ini dan ketiga kru pesawat juga tak terluka, meski pesawat itu menghancurkan sejumlah kereta sewaan di lapangan parkir  lapangan terbang.

Menurut harian Corriere della Sera, kecelakaan itu terjadi kemungkinan besar akibat cuaca buruk yang menimpa kawasan tersebut.

Untuk memindahkan pesawat tersebut, diperlukan sebuah derek raksasa yang dikerahkan bersama kru gawat darurat ke lapangan terbang  sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

Perusahaan pengelola lapangan terbang  , Sacbo mengatakan,  lapangan terbang itu sudah kembali beroperasi dengan normal pada pukul 06.45 meski beberapa penerbangan harus tertunda.

Beberapa penerbangan dari dan menuju Bergamo terpaksa dibatalkan sementara penerbangan lainnya dialihkan ke lapangan terbang   Malpensa, Milan. Sumber:KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment