Wednesday, August 17, 2016

Tragis ! Gajah mati kerena penat berjalan jauh

17/8/16

  Tragis, gajah asal India tewas kelelahan usai berjalan 1.600 km
 ©2016 Merdeka.com/AFP
   Seekor gajah mati kelelahan setelah ditaksir berjalan menempuh 1,600 kilometer dari India menuju wilayah Bangladesh. Penyayang binatang serta petugas taman margasatwa berusaha menolongnya sejak mati pada Selasa (16/8) pagi waktu setempat.
"Kami sudah berusaha keras menyelamatkan gajah itu. Operasi penyelamatan ini sudah melibatkan 10 polis  hutan yang mengikuti perjalanannya 48 hari belakangan, sayang kami tidak beruntung," kata Ashit Ranjan Paul, Ketua Taman Nasional Bangaladesh.

Gajah yang belum sempat diberi nama ini dipercayai terpisah dari rombongannya di kawasan Assam, timur laut India. Dia terpisah ketika banjir besar melanda habitat gajah. Petugas balai kehutanan Bangladesh pertama kali menemukannya mengamuk di pedesaan dekat perbatasan awal Jun . Gajah itu sempat membuat ulah di sebuah empangan, sehingga sempat dilumpuhkan dengan menggunakan senapang bius.

Setelah kondisinya sedikit tenang dan pelan-pelan pulih awal bulan lalu, pemerintah Bangladesh merancang mengangkutnya ke taman safari. Sayangnya, rencana ini justru berjalan sangat lambat dari jadual, gara-gara gajah itu diikuti ratusan warga yang penasaran membuat pasukan polis  hutan tak leluasa bergerak.

"Nyaris ribuan orang dari setiap desa sepanjang sungai Brahmaputra berusaha mengikuti gerak-gerik gajah dan pasukan kami. Hal itu harus diakui membuat evakuasi tidak berjalan semaksimanya," kata Ashit. 
Sumber:Merdeka.com

No comments:

Post a Comment