Sunday, October 16, 2016

HISTORIPEDIA: Akhir Hidup Agen Intelijen Jelita Jerman dan Perancis

15/10/16

Mata Hari dan Mikhail Gorbacev (Foto: History)
Mata Hari dan Mikhail Gorbacev (Foto: History)

RANGKUMAN sejarah dunia hari ini 15 Oktober diwarnai kisah seorang agen intelijen ganda yang bekerja untuk Jerman juga Perancis bergelar Mata Hari. Ada pula peristiwa pemberian Nobel Perdamaian pada pemimpin kharismatik Uni Soviet Mikhail Gorbachev. 

Mata Hari adalah seorang mata-mata wanita yang mengandalkan kemampuan menggoda untuk mengorek maklumat rahasia. Berbagai aktiviti spionase ala James Bond itu membuatnya dieksekusi pada 15 Oktober 1917. Nyawa Mata Hari berakhir di tangan regu tembak Perancis di Vincennes.

Pertama datang ke Paris pada 1905, Mata Hari lebih dulu tersohor sebagai penari Asia yang sangat eksotis. Ketenarannya itu telah membawa Mata Hari melakukan perjalanan  ke seluruh Eropah. Menurut pengakuan Mata Hari, ia dilahirkan di sebuah kuil suci India dan belajar tarian klasik dari seorang pendeta, yang kemudian memberinya nama Mata Hari. 

Namun, cerita tersebut hanyalah satu kebohongan. Mata Hari sebenarnya dilahirkan di sebuah kota kecil di Belanda Utara pada 1876. Nama aslinya adalah Margaretha Geertruida Zelle. Pengetahuannya tentang tarian India dan Jawa diperolehnya dari mantan suaminya ketika mereka tinggal bersama selama beberapa tahun di Malaysia.

Terlepas dari cerita tersebut, Mata Hari memang merupakan seorang penari terkenal. Ia membuat bangunan pertunjukan dan bangunan opera dari Rusia hingga ke Perancis penuh. Satu hal yang membuat ia begitu eksotis dan menarik perhatian ramai orang kerana adegan menarinya di atas pentas kerap dilakukan dengan menanggalkan busana. Sejak saat itu ia mulai menjadi seorang pelacur terkenal.

 Ketika pecahnya Perang Dunia Pertama, penggemarnya mulai bertambah hingga perwira militer berpangkat tinggi yang berasal dari berbagai negara. 

Pada Februari 1917, Pemerintah Perancis resmi menangkapnya atas tuduhan melakukan spionase dan menahannya di Penjara St. Lazare di Paris. Mahkamah awal yang dilaksanakan pada Julai 1917 mengungkapkan tuduhan bahwa Mata Hari membocorkan rincian senjata baru dan tank negara-negara sekutu. 

Bocornya data-data tersebut mengakibatkan ribuan tentera meninggal dunia.  Atas dugaan tersebut, Mata Hari dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati. Pada 15 Oktober, dia menolak menggunakan penutup mata dan ditembak mati oleh regu penembak di Vincennes. Demikian sebagaimana dilansir History, Sabtu (15/10/2016). 

Tuduhan bahwa Mata Hari adalah mata-mata Jerman didukung oleh beberapa bukti. Mahkamah juga mengungkapkan bahwa Mata Hari terkadang berperanan sebagai seorang agen mata-mata Perancis. Kendati demikian, mahkamah tentera terhadap Mata Hari dianggap penuh bias dan bukti palsu. Hingga saat ini, pihak berwenang di Perancis menyebut Mata Hari sebagai seorang mata-mata wanita terhebat abad ini.

1 comment:

  1. ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH


    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)


    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    angka;GHOIB: singapura

    angka;GHOIB: hongkong

    angka;GHOIB; malaysia

    angka;GHOIB; toto magnum

    angka”GHOIB; laos…

    angka”GHOIB; macau

    angka”GHOIB; sidney

    angka”GHOIB: vietnam

    angka”GHOIB: korea

    angka”GHOIB: brunei

    angka”GHOIB: china

    angka”GHOIB: thailand

    ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
    0823-9177-2208
    saya pak alresky posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa

    ReplyDelete