Friday, November 18, 2016

Lelaki 89 Tahun Ini Gali Kubur untuk Diri Sendiri (Video)


Jimmy Kickham. (Foto: CBC News)
Jimmy Kickham. (Foto: CBC News)
KANADA - Jimmy Kickham (89) adalah ahli perniagaan di Pulau Putera Edward. Ia memiliki cara unik untuk mengisi hari tuanya yaitu menggali kuburnya sendiri.
Tahun ini Kickham mengungkapkan rencana tersebut. Ia menggali dengan mesin pengeruk tanah yang dibelinya sejak 45 tahun lalu. Ketujuh anak Kickham menyaksikan aksi sang ayah saat menggali kuburnya di gereja sekitar rumah mereka.

"Mungkin aku adalah satu-satunya orang di Kanada yang berhasil melakukan ini di usiaku sekarang, dengan usahaku dan keluargaku sendiri. Dan aku merasa bangga dengan apa yang sudah kulakukan," ujar Kickham pada Guardian. 

Kickham mempunyai perusahaan kontruksi sendiri. Dan selama 50 tahun terakhir tak terhitung lagi berapa parit, saluran pembuangan, saluran listrik dan sejenisnya yang digali Kickham. Menggali memang sudah menjadi hobi baginya.
"Aku suka menggali. Itu adalah pekerjaan. Dan tak peduli apa yang mereka ingin gali, aku bisa melakukannya," tutur Kickham pada CBC. 

Diwartakan oleh Telegraph, Kamis (17/11/2016), Kickham mengatakan, proses penggalian kuburnya berlangsung cukup cepat. Ia dan keluarganya pergi dari rumah pukul 6 sore, dan pekerjaan selesai sekira pukul 7.45. 

Pada saat itu ia tidak hanya menggali lubang dengan kedalaman lima kaki tapi juga menurunkan kotak kayu pinus, tempat peti matinya nanti diletakkan. Tak lupa, Kickham menutup kuburnya dengan lapisan tanah.
Kickham menyampaikan, apabila waktunya sudah tiba, maka ia menginginkan upacara pemakaman kuno. 

"Beberapa hari sebelum upacara pemakaman dimulai, kuburan harus digali dan diberi kotak kayu pinus ke dalam lubang dan ditutup dengan tanah merah pulau ini," tuturnya.
Dengan mempersiapkan kuburnya sendiri, maka keluarga Kickham hanya perlu memikirkan persiapan tambahan. Kickham pun tidak khawatir akan dianggap aneh karena menggali kuburnya sendiri. 

"Oh pasti akan banyak dari mereka yang berkomentar tentang hal ini. Tapi jika mereka tidak membicarakanku, maka mereka akan membicarakan orang lain (saat pemakaman)," tutup Kickham.
Ini video Kickham menggali kuburnya sendiri: 
Sumber: Youtube/ Okezone

No comments:

Post a Comment