Sunday, December 18, 2016

76 tahun penduduk desa ini tak pernah rasakan elektrik negara

18/12/16

Kisah haru penduduk desa Papua, 76 tahun tak rasakan listrik negara
PLN terangi Papua. ©2016 humas pln
 PT Perusahaan Elektrik Negara ( PLN) Papua dan Papua Barat mendistribusikan elektrik ke 60 desa pada Disember 2016. Penyaluran elektrik ini diberikan sebagai hadiah Natal untuk masyarakat Papua dan Papua Barat dari BUMN perusahaan elektrik tersebut.

GM PLN Papua dan Papua Barat, Yohannes Sukrislismono, mengatakan penyaluran elektrik ke 60 desa tersebut disasarkan selesai pada 24 Desember 2016.

Dua desa yang baru saja menikmati layanan elektrik PLN ialah Puay dan Yokiwa. Untuk mencapai desa tersebut, diperlukan waktu dua jam dari Kota Jayapura. Perjalanannya pun melewati tepian danau paling besar di Papua, Danau Sentani.

Dua desa ini memang belum mendapatkan elektrik dari PLN sejak 1940 atau 76 tahun lalu. Bahkan, dalam beberapa tahun silam, para penduduk harus merelakan tidur dan bermain dalam keadaan gelap gelita di malam hari.

Sebelum mendapatkan aliran elektrik, desa ini hanya memanfaatkan genset pemberian Pemkab Jayapura. Namun, tak boleh beroperasi hingga 24 jam. Elektrik menyala hanya ketika petang menjelang malam hari.

"Elektrik ini merupakan anugerah dari Tuhan. Kami berterima kasih kepada PLN kerana memberikan elektrik setelah sekian lama terbangunnya desa ini. Dulu, kami hanya memakai genset," ujar Ketua Kampung Puay, Enos.

Sedangkan, Desa Yokiwa yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Desa Puay memiliki kondisi yang lebih parah. Rumah penduduk yang berjarak hampir 10 meter belum mendapatkan aliran elektrik sama sekali.

Bagaimana kehidupan penduduk di sana sebelum PLN menyentuh mereka? Di halaman selanjutnya inti ceritanya. 

Sumber:Merdeka.com 

No comments:

Post a Comment