Sunday, December 18, 2016

Hati-Hati, Selfie di Thailand Boleh Kena Hukuman Mati

18/12/16

Aksi selfie dengan latar belakang pesawat yang akan mendarat marak dilakukan turis di Thailand. (Foto: YouTube Sunny Schollenbruch)
Aksi selfie dengan latar belakang pesawat yang akan mendarat marak dilakukan pelancung di Thailand. (Foto: YouTube Sunny Schollenbruch)

PHUKET - Banyak orang melakukan selfie berbahaya hingga menyebabkan kematian. Nyatanya, penyuka selfie juga wajib berhati-hati mengingat boleh jadi aksi mereka berbuntut undang-undang.

Di Thailand, misalnya. Seseorang yang mengambil selfie dengan latar belakang pesawat yang akan mendarat boleh dihukum mati oleh mahkamah
Peringatan ini dikeluarkan oleh Otoriti lapangan terbang Internasional Phuket kepada para pelancung. Biasanya, wisatawan yang mendatangi Negeri Gajah Putih ber-selfie ria di Pantai Mai Khao dengan latar pesawat yang akan mendarat. Pantai Mai Khao sendiri terletak tidak jauh dari  lapangan terbang sehingga kita boleh melihat pesawat yang terbang amat rendah sesaat sebelum mendarat.

Aksi selfie dengan latar belakang pesawat yang akan mendarat ini ternyata dianggap berbahaya, tidak hanya bagi si pelancung, tetapi juga para kru dan penumpang pesawat dan wilayah  lapangan terbang secara keseluruhan. Jika seseorang terbukti menyebabkan kerosakan pada lapangan terbang , pesawat terbang, baik disengaja maupun tidak serta mengganggu atau mengancam operasional pesawat terbang dan lapangan terbang , maka ia dapat divonis hukuman mati, hukuman seumur hidup atau sekurang-kurangnya dipenjara lima hingga 20 tahun. Demikian dikutip dari Thailand News Agency (TNA), Sabtu (17/12/2016).

Peringatan ini dikeluarkan Otoriti  lapangan terbang Internasional Phuket dalam tiga bahasa yaitu Thailand, Inggeris dan China. Otoriti keselamatan setempat juga mengerahkan petugas mereka untuk menyosialisasikan peraturan tersebut kepada para turis.

Otoriti   lapangan terbang Internasional Phuket pun meminta kerjasama masyarakat untuk mengikuti peraturan tersebut sehingga keselamatan di lapangan terbang   dan keselamatan semua orang terjamin. Mengambil selfie dengan latar belakang pesawat yang sedang mendarat sendiri kini menjadi tren di kalangan pelancung Thailand.

No comments:

Post a Comment