Saturday, January 7, 2017

Luar biasa- Otak Kecil Tumbuh di Organ Reproduksi Gadis Ini

7/1/17

Proses operasi pemotongan apendiks gadis 16 tahun di Jepang. (Foto: Getty Images)
Proses operasi pemotongan apendiks gadis 16 tahun di Jepun. (Foto: Getty Images)

TOKYO – Jurnal perubatan terbaru di Jepun mempublikasikan sebuah kes langka. Seorang gadis berusia 16 tahun yang tak disebutkan namanya dijadualkan menjalani operasi apendiks atau ekor kecil di bawah usus. 

Akan tetapi ketika dibedah, doktor  menemui penyebab rasa nyerinya berasal dari sebuah tumor berbentuk otak kecil di hujung indung telurnya. Tumor yang dikenal sebagai teratoma matur itu diangkat/potong keluar dari organ reproduksinya dan diketahui berukuran panjang 10 sentimeter dan lebar 3 sentimeter.

Berdasarkan ulasan Daily Mail, Sabtu (7/1/2017), otak kecil itu juga berambut dan diselubungi selapos tempurung tipis. Ketika diteliti lebih dekat ternyata kista dermoid tersebut merupakan versi kecil cerebellum atau otak kecil manusia. 

Tumor jenis ini sebenarnya termasuk jinak. Pengangkatan dengan jalan operasi sejauh ini selalu berhasil menyembuhkan penderitanya. 

Dunia perubatan mencatat anomali ini hanya terjadi dalam satu dari lima kes. Biasanya ketahuan ketika pesakit memasuki tahap puber/baligh.
Dalam beberapa kes, doktor di berbagai belahan dunia telah menemui teratoma matur berupa rambut, gigi, tulang rawan, lemak, dan otot bertumbuh di luar indung telur perempuan. 

Teratoma diambil dari akar kata ‘teras’ yang dalam bahasa Yunani berarti monster. Dinamakan teratoma kerana penyebab munculnya tumor tersebut belum diketahui hingga saat ini. Kista dermoid berupa otak kecil, dan khabarnya termasuk yang paling umum ditemukan.

No comments:

Post a Comment