Monday, January 9, 2017

Tuntut Kenaikan Gaji, Tentera Sandera Menteri Pertahanan

8/1/17
 
FP Sejumlah tentera yang menuntut kenaikan gaji berdiri di belakang Menteri Pertahanan   Ivory Coast
ABIDJAN   - Sejumlah anggota militer  Ivory Coast melancarkan pemberontakan dan menyandera menteri pertahanan guna menuntut gaji yang lebih baik.

Alain Richard Donwahi, sang menteri pertahanan, semula disandera di Kota Bouake oleh sekelompok serdadu yang menolak besaran gaji dan bonus.
Presiden Alassane Ouattara mengatakan, dia telah menerima tuntutan mengenai gaji, bonus, dan kondisi kerja yang diminta para serdadu.

"Namun saya juga ingin mengatakan bahwa cara membuat tuntutan seperti ini tidak patut. Ini mencoreng citra negara kita setelah semua usaha kita untuk membangkitkan ekonomi," kata Ouattara.

Belum jelas apakah pemberontakan para serdadu itu masih berlangsung, walau Menteri Pertahanan Alain Richard Donwahi telah dibebaskan setelah dua jam disandera.

Pemberontakan bermula di Bouake, kota terbesar kedua di  Ivory Coast , pada Jumaat (6/1/2017).
Aksi itu kemudian merembet ke Kota Abidjan, tempat para serdadu mengambil alih markas angkatan darat.

Wartawan BBC di Abidjan, Alex Duval Smith, mengatakan pemberontakan sejumlah serdadu itu membangkitkan kenangan buruk perang saudara  yang berlangsung selama 10 tahun dan berakhir pada 2011.

Para serdadu yang ikut ambil bahagian dalam protes kenaikan gaji itu dipercayai adalah para mantan pemberontak yang bergabung dengan militer ketika konflik berakhir.
Pada 2011, kubu pemberontak bergerak maju dari Bouake ke Abidjan sehingga Ouattara dapat merebut kekuasaan dari tangan rivalnya, Laurent Gbagbo yang kini diadili pada Mahkamah Kriminal Internasional.
 KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment