Saturday, February 18, 2017

Keluarga Kim Jong-nam di Makau dilindungi polis

17/2/17

kim jong nam. ©Facebook
 Sumber mengatakan keluarga Kim Jong-nam, abang  tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang mati diduga dibunuh, yang berada di Makau, Hong Kong, kini dalam perlindungan polis .

Pegawai Keselamatan  Makau Wong Sio Chak dalam pernyataannya mengatakan dia tidak akan mengungkap secara terperinci tentang perlindungan seperti apa terhadap keluarga Jong-nam. Namun dia mengatakan pihak keselamatan kini tengah mencermati betul perkembangan kes ini.

"Aparat berwenang kini sedang berusaha sebaik mungkin--sesuai perundangan yang berlaku--untuk melindungi keselamatan dan hak warga Makau, termasuk para turis," kata dia dalam pernyataannya, seperti dilansir The Star, Khamis (17/2).

Dalam beberapa hari terakhir ada sejumlah laporan menyebutkan pemerintah Amerika Syarikat dan Korea Selatan meyakini Jong-nam dibunuh oleh agen Korea Utara, namun sejumlah pengamat menolak tudingan itu kerana Korea Utara tidak punya alasan buat membunuhnya. Jong-nam yang pindah ke Macau sejak awal 2000-an adalah orang yang suka bepergian. Dia selamat dari percubaan pembunuhan pada 2012.

Istri kedua Jong-nam, Lee Hye-khyong, putranya Kim Han-sol (21) dan putrinya Kim Sol-hui, diyakini berusia 18 tahun, saat ini tinggal di Macau sedangkan isteri pertama dan putranya tinggal di Beijing.

"Dia orang yang sederhana, selalu ceria dan orang yang terbuka..tapi dia tidak pernah bicara soal Korea Utara," ujar seorang sumber tentang isteri kedua Jong-nam itu.

Kedua putra Jong-nam bersekolah di sekolah internasional di Macau. Putra dan putrinya kini menempuh pendidikan di Perancis dan Bosnia.

"Sampai saat ini mereka selalu merasa lebih selamat di Makau," ujar  Sumber:Merdeka.com 

No comments:

Post a Comment