Wednesday, February 8, 2017

Sudah uzur dan tua , ikan berusia 90 tahun disuntik mati

8/2/17

Inilah Granddad ketika masih hidup di Shedd Aquarium, Kota Chicago (Foto: Shedd Aquarium/Twitter)
Inilah Granddad ketika masih hidup di Shedd Aquarium, Kota Chicago (Foto: Shedd Aquarium/Twitter)

CHICAGO – Seekor Ikan paru-paru (lung fish) berusia 90 tahun di akuarium Chicago, Amerika Syarikat disuntik mati. Ikan bernama Granddad itu didakwa sebagai ikan tertua di dunia yang hidup di akuarium.

Sebagaimana dikutip dari ABC, Selasa (7/2/2017) Granddad yang selama ini tinggal di Shedd Aquarium disuntik mati setelah kesihatannya semakin menurun. Keputusan ini membuat staf dan pengurus Shedd Aquarium berduka.

“Untuk seekor ikan yang banyak menghabiskan waktunya meniru batang kayu jatuh, ia memicu rasa ingin tahu, semangat dan kekaguman di antara pengunjung dari segala usia yang ingin mendengar ceritanya serta belajar mengenai biologi luar biasa yang membuat spesiesnya sebagai fosil hidup,” tutur Presiden Shedd Aquarium, Bridget Coughlin.

Granddad pertama kali diberikan kepada Shedd Aquarium pada 1933 oleh Taronga Zoo di Sidney, Australia. Menurut staf Shedd Aquarium, semasa hidupnya Granddad sudah dikunjungi lebih dari 104 juta pengunjung.
“Bukan hanya sebagai hewan tertua di sini, Granddad juga ikan tertua di zoo  umum atau akuarium di dunia,”tulis pernyataan yang diunggah oleh Shed Aquarium melalui lamannya.

Sekadar informasi, ikan paru-paru dapat hidup hingga usia lebih dari 100 tahun dan menjadi hewan yang dilindungi di Australia. Spesies ikan ini sudah berada di bumi selama hampir 400 juta tahun dan berdasarkan fosilnya fisikal ikan paru-paru tidak berubah selama lebih dari 100 juta tahun.

No comments:

Post a Comment