Friday, April 14, 2017

Wang Berkarung-karung Ditemui di Sebuah Flat

 14/04/2017

Pihak penyidik mengatakan tumpukan wang disusun dengan rapi dalam almari dan rak.(EFCC via BBC)
 
LAGOS-  Wang tunai berjuta ditemukan di sebuah flat di Lagos, Nigeria, seperti diungkapkan badan antikorupsi Nigeria. Wang tersebut terdiri dari 43 juta dollar AS , 27.800 euro dan 23 juta naira (mata wang Nigeria) 
Aparat menggrebek flat tersebut setelah mendapat informasi tentang seorang perempuan 'yang tampak kuyu' dengan pakaian 'kotor' membawa karung-karung plastik kantung keluar masuk flat, demikian laporan dari BBC.

Wang ratusan juta itu diyakini bersumber dari kegiatan yang melanggar hukum, namun badan antikorupsi Nigeria, Komisi Jenayah Kewangan dan Ekonomi, EFCC,  mengatakan belum ada yang ditangkap terkait kes tersebut.

Tumpukan ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian penemuan wang tunai di Nigeria, yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Afrika.
Bulan Mac lalu, badan antikorupsi juga menemukan wang tunai yang masih 'segar' senilai 155.000 dollar AS  di lapangan terbang kota Kaduna, sebelah utara negara itu.

Dalam penemuan terbaru di Lagos, selain wang tunai 43 juta dollar AS, penyidik juga menemukan sekitar 27.800 euro dan sekitar 23 juta naira (mata wang Nigeria) di flat berkamar empat yang terledak di kawasan pemukiman Ikoyi.

Wang tunai yang disusun dengan rapi itu berada dalam bungkusan-bungkusan yang disimpan dalam almari dan rak di flat tersebut.
Penjaga flat mengatakan kepada EFCC, tidak ada yang tinggal di flat  itu namun sebuah sumber melaporkan bahwa seorang perempuan muncul sesekali dengan membawa karung.

"Dia tampak kuyu dengan pakaian kotor namun kulitnya tidak sesuai dengan penampakan luarnya, mungkin untuk menyamar," tambah EFCC.
Sumber:KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment