Saturday, April 29, 2017

Wow, Hebat! Puluhan Siswi ini bahu-membahu tarik bus yang terperangkap di lumpur dan menginspirasi dunia

Siswi di India menarik bus yang terjebak di lumpur. (Foto: Twitter/Lawi BemBem)
Siswi di India menarik bas yang terlekat di lumpur. (Foto: Twitter/Lawi BemBem)

IMPHAL - Sekeping foto yang menunjukkan perjuangan para siswi di India dalam menempuh pendidikan menjadi viral dan mendapat perhatian dari publik dunia, sebab dalam foto tersebut nampak  puluhan siswi sedang berjuang membebaskan sebuah bas yang terjebak di dalam lumpur. 

Para remaja yang diketahui merupakan pelajar dari Waikhomani Girls 'College di Manipuri, Kota Imphal, India Timur yang berbatasan dengan Myanmar tersebut diketahui sedang dalam perjalanan sekolah menuju Danau Loktak ketikau tiba-tiba bas tersebut terjebak dalam lumpur tebal.

Foto para siswi itu menjadi viral setelah diunggah melalui Twitter oleh seorang aktivis hak-hak perempuan yang berbasis di Manipur, Lawai BemBem. Foto tersebut telah dibagikan sebanyak 3,400 kali dan mendapat 4,000 suka/like hanya dalam dua hari. 

Banyak orang memuji gadis-gadis tersebut dan menghargai keberanian mereka dalam situasi yang buruk. Sebagaimana terlihat dalam foto, para siswi itu sedang melewati hutan dan menarik tubuh bas di jalan yang curam dengan tetap mengenakkan seragam. 

Independent mewartakan, Sabtu (29/4/2017), Lawai BemBem mem-posting foto tersebut dengan tujuan untuk menggambarkan tentang isu pemberdayaan perempuan. Dan membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi para kaum hawa. 

Meski banyak pujian terlontar, sayangnya beberapa netizen meragukan keaslian foto tersebut. Beberapa dari mereka mempersoalkan mengapa para siswi itu telah mempersiapkan tali sebelum bas terjebak. Namun Lawai menjelaskan bahwa, sebagai daerah tertinggal, Manipur memang tidak memiliki fasiliti umum seperti jalan raya yang layak sehingga mereka para pembawa kenderaan selalu membawa peralatan sebagai antisipasi.

Sementara itu, media lokal melaporkan, jalan di Manipur telah berulang kali menelan korban dengan lebih dari 19 orang terbunuh dan 44 lainnya cedera akibat kecelakaan lalu lintas pada Mac lalu. Kini musim hujan sedang melanda India Timur dan kemungkinan hal ini akan semakin memperburuk situasi serta aktiviti warga setempat

No comments:

Post a Comment