Wednesday, May 3, 2017

32 Ekor Sapi Susu Mati Disambar Petir

 03/05/2017
Beginilah kondisi sapi-sapi milik peternak Jared Blackwelder yang mati tersambar petir.(Facebook/Wright County Missouri Farm Bureau )
KANSAS CITY  - Suara petir menggelegar sebenarnya bukan hal aneh di negara bagian Missouri, Amerika Serikat, yang kerap dilanda hujan deras, badai, dan banjir.

Sehingga ketika Jared Blackwelder dan istrinya, Misty, petani asal kota Springfield, mendengar ledakan petir usai memberi makan sapi-sapi perah mereka, keduanya tak ambil pusing.

Namun, ketika Jared kembali ke lahan penggembalaan sapi di malam hari betapa terkejutnya dia ketika melihat 32 ekor sapi perahnya tergeletak tanpa nyawa.
Rupanya, sapi-sapi perah itu mati tersambar petir yang suara ledakannya terdengar di kediaman Jared.

"Dia pergi untuk membawa sapi-sapi itu masuk ke kandang saat menemukan mereka bergelimpangan," kata Stan Coday, presiden Biro Peternakan Wright County Missouri kepada CBS News.
"Ini hal biasa dan pernah terjadi. Hal yang berbeda adalah jumlah sapi yang mati," tambah Coday.

Seorang dokter hewan setempat yang memeriksa hewan-hewan itu memastikan mereka mati karena tersambar petir.
"Sebelum kejadian ini, saya paling banyak menyaksikan enam sapi mati tersambar petir," tambah Coday.

Sapi-sapi itu kemungkinan besar berkerumun di bawah pohon untuk berteduh dri hujan badai.
Coday melanjutkan, meski para peternak memahami risiko ini, tetap saja kehilangan 32 ekor sapi adalah kerugian besar.

"Mereka bukan peliharaan. Kami ambil susu mereka setiap hari, saya juga pernah memelihara sapi perah," ujar Jared Blackwelder kepada harian Springfield News-Leader.

"Sapi perah sedikit berbeda, karena saya berurusan dengan mereka dua kali sehari. Kondisi ini sangat memukul saya," tambah dia.
Selain itu Jared menambahkan, akibat bencana ini dia menderita kerugian cukup besar. Meski memiliki asuransi, Jared tak yakin klaim asuransi bisa menutup seluruh kerugiannya.

"Setiap ekor sapi organik berharga 2.000-2.500 dolar sehingga kerugian saya mencapai lebih dari 60.000 dolar," kata dia.
Sumber:Kompas.com 

No comments:

Post a Comment