Thursday, May 18, 2017

Miracle Mike, Seekor Ayam yang Hidup 18 Bulan Tanpa Kepala

17/5/17

Mike si ayam tanpa kepala. (Foto: Vintage News)
Mike si ayam tanpa kepala. (Foto: Vintage News)

FAKTA yang cukup dikenal luas mengenai seekor ayam adalah hewan unggas itu mampu hidup selama beberapa minit meski tanpa kepala. Posisi otak yang berada di ruang kecil di tengkorak pada sudut 45 darjah menjadi penyebab seekor ayam dapat berumur panjang meski sudah terpenggal.

Cerebellum dan batang, yang merupakan bahagian mengawal alat vital, berada di bahagian leher seekor ayam. Jadi, ketika kepala dipenggal, tubuh seekor ayam masih boleh terus hidup dalam waktu singkat.

Sebahagian besar hewan yang tergolong dalam ordo aves itu memang terus mati setelah dipenggal. Ada juga yang mati   setelah berlarian panik dalam keadaan tanpa kepala. Namun, ada kes seekor ayam dapat hidup selama 18 bulan tanpa memiliki kepala.

Mike si ayam tanpa kepala, begitu gelaran seekor ayam jantan berusia lima bulan yang hidup dengan bahagia di sebuah lahan pertanian di Fruita, Colorado, Amerika Syarikat . Pada 10 September 1945 pemilik peternakan yang bernama Lloyd Olsen memutuskan untuk menyembelih Mike.

Mengutip dari The Vintage News, Khamis (18/5/2017), Mike menolak untuk mati. Setelah berlarian sebentar, ia kemudian diam seperti tidak ada yang terjadi. Ayam bergelar Miracle Mike itu bahkan sempat berusaha mematuk makanan. Kerana itu, Lloyd tetap membiarkan Mike hidup seperti biasa.

Keesokan paginya, Lloyd Olsen melihat Mike dalam keadaan masih benyawa dan sedang tertidur. Ia memutuskan untuk memelihara ayam kesayangannya. Lloyd Olsen memberi makan Mike dengan jagung, susu, dan air minum. Ia dengan sabar menyuapi makanan ke tenggorokan Mike dengan menggunakan pipet ubat titis mata.

Mike selamat dari kematian kerana kapak sang petani tidak memenggal habis pembuluh darah jugular sehingga unggas tersebut "hanya" kehilangan penglihatan dan bagian otak yang tidak mengawal organ vital. Kisah tersebut langsung merebak di surat khabar seantero Amerika.

Lloyd Olsen ditawarkan untuk membawa Mike keliling AS untuk mempertontonkan mukjizat tersebut. Kepopuleran Mike meningkat pesat dari satu kota ke kota lain yang disinggahi bersama sang pemilik. Orang-orang harus merogoh koceknya untuk dapat melihat dengan mata kepala sendiri, keajaiban Mike.

Di puncak popularitinya, Mike memberi Lloyd wang senilai USD4,500 per bulan  . Harga jual Mike turut meningkat drastis dengan taksiran mencapai USD10 ribu dolar AS . Sosok Mike beberapa kali muncul di media cetak dan elektronik. Selama 18 bulan, Mike berkeliling AS hingga perjalanan terakhir ke Phoenix, Negara   Arizona.

Unggas itu meninggal dunia pada 17 Mac 1947 gara-gara biji jagung. Olsen ketika itu tidak membawa alat-alat yang diperlukan untuk menyelamatkan Mike. Dengan meninggalnya Mike, maka tour tidak selesai. Olsen yang tidak mau mendapat malu, mengatakan kepada media bahwa ia sudah menjual Mike.

Miracle Mike tetap terkenal hingga hari ini. Penduduk Kota Fruita mendirikan patung untuk memperingati keajaiban tersebut. Bahkan, setiap bulan Mei diadakan festival tahunan Ayam Tanpa Kepala sebagai bentuk penghormatan kepada Mike.
sumber:Okezone

No comments:

Post a Comment