Sunday, June 11, 2017

Kajian Terbaru Ungkap Manfaat Sujud bagi Belakang dan Sendi

  10/06/2017
Umat muslim menjalankan solat tarawih pertama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumaat (26/5/2017).
  Dalam satu hari, sebanyak 1.6 billion umat muslim di dunia melakukan solat. Menghadap ke arah kota suci Mekkah, Arab Saudi, mereka membungkuk, berlutut, dan meletakkan dahi ke tanah.

Namun, tahukah anda bahwa di samping melaksanakan perintah Allah, postur dan gerakan ini ternyata juga memiliki manfaat baik untuk belakang dan sendi?

Menurut riserch dari Binghamton University, New York, gerakan sujud yang dilakukan secara tepat dan reguler tidak hanya mengurangi tekanan fisikal dan kegelisahan, tetapi juga dapat digunakan sebagai terapi klinikal bagi individu dengan sakit belakang bawah.
“Gampangnya, anda boleh berfikir bahwa gerakan ini mirip dengan latihan intervensi terapi fisikal atau yoga yang digunakan untuk merawat sakit belakang bawah,” kata Mohammad Khasawneh, penulis kajian yang dipublikasikan dalam International Journal of Industrial and System Engineering tersebut.

Untuk menyelidiki manfaat kesihatan sujud, Khasawneh dan koleganya menganalisa statistik berdasarkan gerakan solat dari model orang India, Asia, dan Amerika digital yang sihat. Mereka lalu membandingkannya dengan model digital yang memiliki sakit belakang bawah.

Meski bahagian membungkuk ditemukan paling sukar dilakukan oleh belakang bawah, ternyata penggunaan belakang dan lutut yang baik dapat mengurangi rasa sakit bagi individu dengan sakit belakang bawah

Khasawneh lalu menambahkan, sujud juga meningkatkan elastisiti persendian sehingga individu dengan penyakit belakang juga direkomendasikan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan posture berlutut ini.

Namun, kunci dari rekomendasi ini adalah postur sujud yang tepat. Jika sudut dan gerakan sujud Anda salah, maka rasa sakit pada belakang malah akan meningkat.
Untuk ke depannya, para pengkaji berencana untuk menvalidasi penemuan mereka dengan eksperimen fisikal. Menggunakan sensor dan kamera, para peneliti akan memperkirakan tekanan yang terjadi pada masing-masing bahagian tubuh selama bersujud
Sumber: KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment