Wednesday, June 14, 2017

Mahasiswa AS yang ditahan di kem kerja paksa Korea Utara Dipulangkan dan Tiba di Kampung Halamannya dalam keadaan koma

 14/06/2017
Otto Warmbier (21), mahasiswa AS yang ditangkap di Korea Utara kerana hendak mencuri slogan politik di sebuah hotel di Pyongyang.(AP Photo)
 
CINCINNATI   - Mahasiswa asal Amerika Syarikat yang dibebaskan dari kem kerja paksa Korea Utara, Otto Warmbier tiba di kampung halamannya Selasa (13/6/2017) malam waktu setempat.
Sebuah pesawat angkut tentera yang membawa pemuda itu mendarat di Cincinnati, Ohio sekitar pukul 22.20 waktu setempat. Demikian dilaporkan stesyen televisyen CBS.

Sayangnya Warmbier dalam kondisi koma sejak setahun lalu. Para pegawai AS enggan berkomentar soal kondisi Warmbier, kecuali Gabernor New Mexico Bill Richardson.

"Otto sudah koma lebih dari setahun dan kini memerlukan penanganan perubatan yang terbaik," ujar Richardson yang pernah menjadi utusan khusus untuk Korea Utara.
"Kami mendapatkan telepon dri Cindy dan Fred Warmbier terkait kondisi Otto. Korea Utara harus menjelaskan penyebab koma ini," tambah Richardson.

Orangtua Warmbier mendapat informasi bahwa putra mereka diberi ubat tidur segera setelah menjalani perbicaraan pada Mac tahun lalu dan sejak saat itu tak pernah bangun lagi.

Harian The Washington Post melaporkan, orangtua Warmbier juga mendapatkan informasi bahwa pemuda itu kemungkinan besar terjangkit botulisme di penjara Korea Utara.
Botulisme adalah keracunan makanan yang diakibatkan bakteria yang tumbuh di dalam daging tin atau makanan awet   lainnya.
Sumber:Kompas.com 

No comments:

Post a Comment