Saturday, June 10, 2017

Mereka Jumpa Fosil Manusia Yang Didakwa Tertua di Dunia

 9/6/17

Foto ilustrasi fosil manusia (Foto: Reuters)
Gambar Hiasan fosil manusia (Foto: Reuters)
   
MARAKESH – Fosil manusia yang didakwa tertua di dunia dilaporkan telah ditemuidi Maroko. Fosil ini disebut berusia sekira 300 ribu tahun.
Sebagaimana dikutip dari Russia Today, Jumaat (9/6/2017), fosil-fosil itu ditemukan di sebuah situs arkeologi bernama Jebel Irhoud. Fosil-fosil itu disebut berasal dari tiga orang dewasa, satu remaja, dan satu anak-anak.

Para pengkaji menyebut fosil-fosil itu berusia sekira 300 ribu tahun dan menjadi yang tertua di dunia mengingat sebelumnya fosil yang diduga tertua di dunia hanya berusia 195 ribu tahun.

Lokasi penemuan fosil itu juga menjadi sangat penting bagi para peneliti. Sebab ini menciptakan teori tandingan terkait awal perkembangan manusia yang disebut bersumber di wilayah Afrika   timur.

“Dulu kami berfikir bahwa tempat lahirnya manusia 200 ribu tahun yang lalu adalah di timur Afrika. Namun data baru kami mengungkapkan bahwa Homo sapiens menyebar ke seluruh benua Afrika sekira 300 ribu tahun yang lalu,” ujar palaeoanthropogis, Jean-Jacques yang memimpin penelitian fosil-fosil tertua di dunia tersebut.
Sumber:Okezone

No comments:

Post a Comment