Wednesday, June 14, 2017

Tertukar ketika bayi, wanita tuntut ganti rugi

13/6/17

Gambar hiasan
  Otoriti kesihatan Austria diminta memberi kompensasi sebesar 90,000 Euro   terhadap kerugian dialami beberapa pihak lantaran telah terjadi penukaran bayi tak sengaja di rumah sakit University Graz pada hampir 30 tahun yang lalu.

Korban bernama Doris Gruenwald baru menyedari bahwa orang yang selama ini membesarkannya ternyata bukanlah orangtua kandungnya. Wanita berusia 27 tahun itu baru menyedari kenyataan itu ketika menjalani serangkaian ujian darah yang membuktikan bahwa dia tidak terhubung secara biologis dengan orangtuanya.

"Seluruh tubuh saya mulai bergetar (ketika mengetahuinya). Rasanya seperti tubuh saya tidak lagi berpijak ke tanah," akunya, seperti dilansir dari laman the Guardian, Selasa (13/6).

Meski demikian, pihak rumah sakit menyangkal telah terjadi penukaran bayi di tempatnya. Namun mahkamah menolak sangkalan tersebut setelah penyiasat melaporkan bahwa penukaran terjadi 20 jam usai kelahiran bayi melalui operasi sesar.

Mahkamah memutuskan pihak rumah sakit telah melakukan kelalaian besar-besar dan menyatakan harus memberi ganti rugi terhadap Gruenwald dan keluarga yang mengadopsinya masing-masing 30,000 Euro. Gruenwald sendiri sampai sekarang belum tahu siapa orangtua kandungnya.

Sementara itu, otoriti kesihatan mengatakan akan melakukan ryun terhadap keputusan mahkamah. Menurut mereka, pernyataan mahkamah tentang telah terjadi penukaran bayi di rumah sakit itu keliru 
Sumber:Merdeka.com

No comments:

Post a Comment