Monday, July 31, 2017

Taufan Dashyat Hantam Taiwan

30/7/17

Foto: Tyrone Siu/Reuters
Foto: Tyrone Siu/Reuters
TAIPEI – Angin taufan dahsyat yang menyapu Taiwan pada  30 Julai menyebabkan setidaknya 80 orang mengalami luka-luka, mematikan aliran elekrik dan memaksa layanan penting kota tutup. Pemerintah Taiwan menyatakan, empat puluh orang terjebak di bagian selatan pulau, terutama kerana banjir.

Berdasarkan laporan Biro Cuaca Pusat yang dilansir Reuters,    30/7/2017  taufan berkekuatan sedang, Nesat mencapai daratan Taiwan pada Sabtu, 29 Julai dan diperkirakan menyapu pulau itu dalam dua hari ke depan. Biro cuaca pusat menyatakan kecepatan taufan Nesat tercatat mencapai sekira 119 kilometer  sejam.  

Pernyataan dari Pemerintah Taiwan menyebutkan lebih dari 80 anggota regu penyelamat terluka bersama tiga orang lainnya yang telah dikirim ke rumah sakit. Banyak personel regu penyelamat yang terluka kerana terkena serpihan yang jatuh, dan dua di antaranya menderita cedera parah.

Beberapa layanan penting Taiwan termasuk pengumpulan sampah dan layanan penyewaan basikal ditutup sementara jadual keretapi bawah tanah diubah. Sekolah dan kantor-kantor juga dibatalkan pada Sabtu dan Ahad.

Badai juga menyebabkan setidaknya 42 penerbangan dan berdampak pada 10 ribu penumpang. Hampir 500 ribu rumah kehilangan aliran elektrik dan baru sekira 360 ribu yang berhasil dipulihkan.

Di Provinsi Fujian, China, lebih dari 3,100 orang dievakuasi dari budi daya ikan di pantai agar terhindar dari badai. Taufan Nesat diperkirakan akan mencapai daratan China pada Ahad dan membawa hujan lebat yang akan turun setidaknya tiga hari ke depan.

No comments:

Post a Comment