Friday, October 13, 2017

Arkeologi Terkejut Temui Tulisan 'Allah' di Pakaian Viking Berusia 1,000 Tahun

 13 Oktober 2017 
https: img.okeinfo.net content 2017 10 13 18 1794692 wow-arkeolog-terkejut-temukan-tulisan-allah-di-pakaian-viking-berusia-1-000-tahun-6YMUiJkx9I.jpg 
 Ada tulisan 'Allah' di pakaian Viking berusia seribu tahun. (Foto: Annika Larsson)

STOCKHOLM - Arkeologi terkejut dengan penemuan tulisan “Allah” dalam bentuk bordir di pakaian bangsa Viking di Sweden. Pakaian itu ditemui di pemakaman yang sudah berumur sekitar 1,000 tahun.

Selain tulisan “Allah”, ada juga bordir bertuliskan “Ali” dalam beberapa pakaian di kuburan abad 9 dan abad 10 di Sweden. Arkeologi yang menemukan pakaian itu dan mereka berkeyakinan orang-orang yang dikubur di pemakaman tua itu adalah Muslim.

Penelitian baru itu dilakukan oleh arkeologi Annika Larsson dari Universiti Uppsala. Dia menemui pola anyaman perak dan sutera dengan skrip Kufic geometris yang bila dieja akan terbaca kata ”Allah” dan ”Ali”.

Dua makam tersebut sejatinya ditemukan di dua lokasi terpisah di Birka dan Gamla Uppsala di Sweden sejak akhir abad 19 dan pertengahan abad ke 20. Namun, tulisan dalam pakaian orang-orang yang dikubur merupakan penemuan baru.

Menurut Larsson, desainnya sulaman di bawah 1.5 cm. Hal itu tidak seperti yang pernah dilihatnya di Skandinavia.

Larsson mengatakan bahwa dia tertarik pada fragmen-fragmen tersebut setelah menyedari material tersebut berasal dari Asia Tengah, Persia dan China dan menyerupai desain Moor.

Penemuan baru ini mendorong pertanyaan tentang pengaruh Islam di Skandinavia yang kemungkinan sudah meluas di masa silam.

”Kemungkinan bahwa beberapa dari mereka yang berada di kuburan itu Muslim tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan,” kata Larsson, seperti dikutip dari IB Times, Jumaat (13/10/2017).

”Kami tahu dari penggalian kuburan Viking lainnya bahwa analisis DNA telah menunjukkan beberapa orang yang dikuburkan di dalamnya berasal dari tempat-tempat seperti Persia, di mana Islam sangat dominan,” papar Larsson.

”Namun, kemungkinan penemuan ini menunjukkan bahwa kebiasaan pemakaman Viking dipengaruhi oleh gagasan Islam seperti kehidupan kekal di syurga setelah kematian,” imbuh dia.

Ahli genetika sekarang akan menilai asal-usul geografi mayat-mayat yang mengenakan pakaian pemakaman untuk melihat apakah mereka penduduk asli Skandinavia atau bukan.
Larsson percaya bahwa penemuan ini sangat menarik kerana merupakan barang bersejarah pertama yang menyebutkan nama “Ali”, sepupu dan menantu Nabi Muhammad yang pernah ditemukan di Skandinavia

No comments:

Post a Comment