Tuesday, April 17, 2018

Hamas Kecewa Fatah Minta Pelucutan Senjata di Gaza

17/4/18

https: img.okeinfo.net content 2018 04 16 18 1887362 hamas-kecewa-fatah-minta-pelucutan-senjata-di-gaza-5wPoqAokUM.jpg  
Bendera nasional Palestin  (Foto: AFP)

GAZA – Presiden Otoriti Palestini (PA), Mahmoud Abbas, menyerukan pelucutan senjata kepada faksi Hamas di Semenanjung  Gaza. Namun, seruan tersebut membuat penguasa  Semenanjung Gaza sejak 2007 itu kecewa. Menurut faksi garis keras tersebut, imbauan untuk melucuti senjata justru membantu Israel.

“Permintaan pelucutan senjata yang datang dari Amerika Syarikat dan Israel bukan hal yang aneh. Sebab, Israel adalah musuh kami dan Amerika Syarikat adalah sekutu mereka,” ucap anggota senior Hamas, Mousa Abu Marzouk, melansir dari Middle East Monitor, Isnin (16/4/2018).

“Isu yang aneh adalah permintaan itu datang dari Abbas. Dia melayani musuh tanpa harga seperti apa yang dia lakukan mengenai kerjasama keamanan yang sedang dilakukan sebagai imbalan untuk keuntungan peribadi,” imbuhnya.

Minggu lalu, Abbas mengatakan kepada Komite Sentral Fatah di Ramallah bahwa dia telah menyampaikan kepada Mesir tidak akan bertanggung jawab atas apa yang terjadi di   Semenanjung Gaza jika Hamas tidak menyerahkan atau melucuti senjata mereka serta memberikan kekuasaan penuh kepada Otoriti Palestin . 

Selang beberapa hari kemudian, utusan AS untuk Timur Tengah, Jason Greenblatt ikut-ikutan meminta Hamas menyerahkan kawalannya di   Semenanjung Gaza serta melucuti senjata. Cara tersebut dinilai efektif jika ingin Gaza tersambung dengan dunia luar. 

“Hamas harus menyerahkan kawalannya di Gaza ke PA dan melucuti senjata. Jika ingin bergabung dengan dunia luar, mereka harus meredakan kekerasan, mengakui Israel, dan mematuhi kesepakatan masa lalu. Saatnya bagi Hamas untuk mengambil keputusan,” cuit Jason Greenblatt lewat akun Twitter.

Sebagaimana diketahui, Hamas dan Fatah memiliki wilayah kekuasaan masing-masing di Palestin . Faksi Fatah menguasai Tebing Barat dengan ibu kota di Ramallah, sementara Hamas menguasai  Semenanjung Gaza. Fatah didukung oleh negara-negara Barat sedangkan Hamas dianggap sebagai kelompok teror.

No comments:

Post a Comment