Tuesday, April 24, 2018

Seorang reporter mati ditembak di tengah siaran langsung demonstrasi

23/4/18


https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 22 18 1890005 seorang-reporter-tewas-ditembak-di-tengah-laporan-langsung-demonstrasi-nikaragua-hoTxNOaZVO.jpg  
Foto: Reuters

MANAGUA – Seorang reporter tertembak dan terbunuh di tengah laporan langsung demonstrasi anti-pemerintah yang diwarnai kekerasan di Nikaragua minggu ini. Jumlah korban meninggal dalam demonstrasi yang telah memasuki hari keempat ini dilaporkan telah mencapai 25 orang. 

Reporter yang diidentifikasi media Nikaragua sebagai Angel Gahona itu melaporkan secara langsung demonstrasi yang terjadi di Kota Bluefield, di selatan Nikaragua ketika terdengar suara tembakan dan dia jatuh dengan kepala berdarah. Gahona sedang memberitakan mengenai mesin wang yang rosak dengan telepon dan juru kamera di belakangnya.

Tembakan itu mengakhiri komentarnya, membuat Gahona jatuh dari tangga di depan bangunan. Dia tergeletak sementara orang-orang meneriakkan namanya dan mencuba memberi pertolongan.

Reuters, Ahad (22/4/2018) melaporkan, baik pihak berwenang di Ibu Kota Managua maupun Palang Merah di negara itu yang dapat mengesahkan secara detail dari kejadian yang dengan cepat tersebar ke berbagai media lokal, nasional dan internasional.
Tidak diketahui siapa yang melepaskan tembakan, tetapi surat khabar La Prensa mengatakan bahwa hanya polis  yang menghadapi kelompok demonstran yang memiliki senjata di sana. 

Sebelum insiden itu, Palang Merah mengatakan sedikitnya enam orang meninggal sejak protes dimulai pada Rabu. Demonstrasi berlangsung di kota-kota di seluruh Nikaragua menentang rencana pemerintah untuk meningkatkan kontribusi pekerja dan mengurangi jumlah pesara. Tunjuk perasaan besar-besaran ini menyebabkan krisis bagi Pemerintahan Presiden Daniel Ortega. 

Kelompok-kelompok hak asasi manusia lokal melaporkan bahwa sedikitnya 25 orang telah meninggal pada Sabtu. Jurucakap Palang Merah Nikaragua, Lisett Guido mengatakan bahwa Palang Merah tidak dapat memastikan jumlah total baru, hanya mengatakan bahwa dia sedar akan lebih banyak korban meninggal.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete