Monday, February 11, 2019

Raja Thailand gagalkan impian kakaknya menjadi perdana menteri

  10 Februari 2019 
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 10 18 2015920 raja-thailand-gagalkan-impian-kakak-perempuannya-menjadi-perdana-menteri-bE0tP9rCT1.jpg  
Putri Ubolratana. (Foto: AP)
 
RAJA Thailand Maha Vajiralongkorn telah menggagalkan rancangan kakaknya   untuk menjadi kandidat perdana menteri di sana. Parti Thai Raksa Chart pada Jumaat 7 Februari 2019 mengumumkan bahwa Puteri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi (67) akan menjadi kandidat perdana menteri untuk pilihan raya 24 Mac ini. 

Harapan politik bagi   puteri itu langsung sirna ketika adiknya, Raja Maha Vajiralongkorn, mengeluarkan pernyataan singkat yang mengatakan pencalonan itu "sangat tidak pantas" dan bertentangan dengan tradisi serta budaya nasional.

Putri Thailand Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi. (Foto: Reuters)
Pada Sabtu 8 Februari 2019, Parti Thai Raksa Chart yang bersumpah setia kepada raja mengatakan dalam pernyataan bahwa pihaknya "mematuhi perintah kerajaan itu". 

Puangthong Pawakapan, profesor ilmu politik Universiti Chulalongkorn, mengatakan kepada kantor berita Perancis AFP bahwa ketidaksetujuan raja tersebut membatalkan pencalonan adiknya. 

Dalam sebuah pesan Instagram pada Sabtu 8 Februari, sang puteri tanpa menyinggung adiknya atau pupusnya rancangan politiknya berterima kasih kepada para pendukungnya atas "kasih sayang dan kebaikan" mereka serta menyatakan keinginannya untuk melihat Thailand memperluas hak-hak dan peluang bagi rakyat. 

Thailand sendiri sudah menjadi kerajaan konstitusional sejak 1932. 
 Agregasi VOA

No comments:

Post a Comment