Wednesday, February 19, 2014

Perdana menteri cantik ini didakwa atas kes korupsi

19 Feb 2014

KPK Thailand tuntut Yingluck atas kasus korupsi beras

Yingluck. REUTERS  
Merdeka.com - Badan anti korupsi Thailand hari ini mengatakan mereka telah mengajukan tuntutan terhadap Perdana Menteri Yingluck Shinawatra berkaitan dengan penyimpangan dalam program pembelian beras pemerintah, dan memanggil Yingluck untuk mendengar tuntutan itu pada 27 Februari akan datang.

"Meskipun dia (Yingluck) tahu bahawa banyak orang telah memperingatkan tentang adanya korupsi dalam skema pembelian itu, tapi dia masih melanjutkannya. Ini menunjukkan niatnya untuk menimbulkan kerugian pada pemerintah sehingga kami telah sepakat untuk menuntut dia," kata Vicha Mahakhun, seorang anggota Komisi Nasional Anti Korupsi Thailand, dalam sebuah pernyataannya, seperti dilansir situs asiaone.com, Selasa (18/2).

Yingluck adalah kepala Komite Beras Nasional. Pemerintahan Yingluck memperkenalkan skema terbaru itu pada 2011, dengan membayar petani jauh di atas harga pasar untuk padi mereka.
Berita tuntutan itu datang hanya beberapa jam setelah bentrokan berujung kekerasan pecah antara polisi anti huru-hara dan demonstran antipemerintah di Ibu Kota Bangkok, yang menyebabkan setidaknya dua orang tewas, termasuk seorang polisi, dan puluhan orang terluka.

Pihak lawan Yingluck mengatakan dia adalah boneka untuk abangnya, Thaksin Shinawatra, seorang miliarder berpaling menjadi perdana menteri dan digulingkan dalam kudeta militer pada 2006. Thaksin kemudian melarikan diri ke luar negeri untuk menghindari penjara karena tuduhan korupsi.

No comments:

Post a Comment