Tuesday, October 2, 2012

Jabal Magnet ditutup sementara kerana bimbang perbuatan syirik

   
Jabal Magnet di Madina – source gambar: emha1968
SRIPOKU.COM, MADINAH - Sejumlah jemaah calon haji (JCH) dari
berbagai penjuru dunia,  yang berniat mengunjungi Jabal Magnet (Magnetic Hill) harus kecewa.

Pasalnya, tempat popular yang juga disebut Gunung Magnet itu ditutup sementara oleh Pemerintah Arab Saudi sejak Februari lalu.

Harus diakui, Jabal Magnet belakangan kian terkenal dengan segala fenomena dan keunikannya.

Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata rohani bagi jemaah haji atau umrah saat berkunjung ke Madinah.

Wartawan Sripoku.com, H Muhammad Husin yang bertugas sebagai pembimbing jemaah haji Kloter 4 Sumsel sudah jauh-jauh hari merencanakan kunjungan ke tempat itu.

Namun saat ingin mendatangi lokasi bersama pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumsel yang ada di Madinah dan jemaah haji Kloter IV, Senin (1/10/2012), Jabal Magnet sudah ditutup.

Menurut informasi dari salah seorang mukiman asal Indonesia bernama Mukhtar, penutupan kawasan itu itu dilakukan otoritas Madinah, karena sebelumnya mereka mendapati ada jemaah umrah asal Malaysia mengerjakan salat di Jabal Magnet. Kerana khawatir timbul kesyirikan, maka tempat itu ditutup.

“Kalau info yang kami terima seperti itu. Otoriti Madinah tidak mau ada unsur syirik yang  yang dilakukan penziarah Jabal Magnet," kata Mukhtar.

Jabal Magnet terletak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Madinah.
Perjalanan menuju kawasan ini dipenuhi sejumlah perkebunan kurma dan
hamparan bukit berbatuan.

Sekitar 10 kilometer dari Jabal Magnet, pengunjung juga bisa menyaksikan danau buatan yang cukup besar.

Banyak fenomena unik sekaligus menakjubkan yang mewarnai kunjungan jemaah ke tempat ini.

Salah satunya, kenderaan berjalan sendiri ke arah berlawanan (mundur), bahkan sanggup mendaki bukit. Tidak hanya itu, jarum penunjuk kompas juga tidak bekerja sebagaimana mestinya, arah utara-selatan menjadi kacau, dan data di telefon selular hilang seketika.

Daya dorong dan daya tarik magnet di bukit sisi kanan dan kiri jalan, membuat kenderaan yang bergerak dengan kecepatan 120 Km/jam praktis berubah menjadi 5 Km/jam.

Dari berbagai literatur disebutkan, Jabal Magnet yang menjadi kawasan asal penduduk Madinah, awalnya ditemukan oleh orang suku Badwi.

Saat itu seorang Arab Badwi menghentikan kenderaannya kerana ingin buang air kecil. Namun ia mematikan mesin kenderaannya tanpa menarik hand break.

Saat itu ia terkejut kerana mendapai kenderaannya bergerak dan melaju dengan sendirinya. Kenderaan itu baru berhenti setelah melanggar gundukan pasir.

Saat musim haji, banyak jemaah yang mengunjungi tempat ini. Pemerintah Arab Saudi membangun jalan raya menuju lokasi.  Daerah yang tergolong hijau, kerana banyak terdapat pohon kurma di sekelilingnya ini, dilengkapi berbagai fasiliti.

Ada penunjuk untuk pengunjung, bahkan ada kenderaan mini yang boleh disewa untuk merasakan tarikan medan magnet itu.

Penulis : Husin
Editor : Sudarwan

No comments:

Post a Comment