Friday, January 25, 2013

Dilarang ke Toilet, Buruh China Culik Bosnya

 Rabu, 23 Januari 2013 
Foto: Orange
Foto: Orange
SHANGHAIPara buruh di sebuah kilang di China menyandera pihak pengurusan kilang sebagai aksi protes terhadap satu peraturan yang dianggap berlebihan. Pihak buruh menyatakan, hanya diberi dua minit untuk ke toilet dan akan mendapat denda jika melebihi waktu tersebut.

Para buruh harus membayar denda sebesar 50 yuan   apabila kedapatan pergi ke toilet lebih dari dua minit. Dan apabila mereka terlambat untuk kedua kalinya, maka mereka akan terancam dipecat.

Jumlah buruh yang melakukan aksi penyanderaan tersebut dilaporkan mencapai 1,000 orang. Pihak  polis  menyebutkan aksi penculikkan itu berlangsung selama satu setengah hari. Demikian diberitakan Associated Press, Rabu (23/1/2013).

Terdapat sekitar 10 warga negara Jepun dan 8 warga negara China yang menjadi korban penculikan tersebut. Aksi para buruh berhasil dihentikan setelah  polis  China menurunkan sekitar 300 petugasnya ke kilang tempat kejadian itu terjadi.

Buruh itu sendiri bekerja di sebuah pabrik di Kota Shanghai yang dimiliki oleh perusahaan dari Jepang, Shinmei Electric Company. Saat ini China memang seringkali dilanda ketidakpuasan sosial dari warganya akibat kondisi kesenjangan
ekonomi yang makin melebar.(faj)okezone.com

No comments:

Post a Comment