Wednesday, April 23, 2014

Sudah 80 Peratus kawasan pencarian MH370 digeledah oleh Bluefin-21

22/04/2014  
 
 Bluefin-21 saat akan diterjunkan ke laut (Reuters)
Perth - Meski operasi pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 via udara ditunda untuk hari ini, namun pencarian bawah laut tetap dilakukan. Dilaporkan sudah 80 peratus kawasan pencarian bawah laut yang disisir oleh kapal selam mini Bluefin-21.

Diterjunkan sejak minggu lalu, Bluefin-21 kini nyaris menyelesaikan misinya di Samudera Hindi . Otoriti terkait memperkirakan, misi Bluefin-21 akan selesai pada pminggu ini, atau sekitar Rabu (23/4) besok.

Kapal selam mini yang dilengkapi dengan sonar dan mampu menyelam hingga kedalaman 4,500 meter ini memfokuskan penyisiran pada kawasan berbentuk lingkaran dengan radius 10 kilometer yang berlokasi di dekat terdeteksinya signal dipercayai kotak hitam MH370. Namun sejauh ini, belum ada  penemuan signifikan dari pencarian Bluefin-21.

"Bluefin-21 sekarang sudah menyelesaikan lebih dari 80 peratus kawasan pencarian bawah laut yang menjadi fokus dan misi selanjutnya sedang dipersiapkan," demikian pernyataan pusat koordinasi pencarian MH370, Joint Agency Coordination Centre (JACC) kepada Reuters, Selasa (22/4/2014).

"Pencarian akan berlanjut. Kami sedang berkonsultasi sangat erat dengan mitra internasional kami demi yang terbaik di masa mendatang," imbuhnya.

Selain via bawah laut, misi pencarian MH370 juga dilakukan via udara dengan melibatkan banyak pesawat militer dan kapal dari sejumlah negara. Militer AS, yang ikut dalam pencarian, menyatakan pencarian via udara akan tetap dilakukan untuk jangka waktu yang belum ditetapkan batasnya.

"Tidak akan ada perubahan terhadap misi kami, terbang selama 9 jam setiap harinya," ucap pejabat armada US 7th Fleet, Commander William J Marks kepada Reuters. detikNews

No comments:

Post a Comment