Thursday, July 31, 2014

232 gigi dicabut dari Mulut Kanak-kanak Ini

31/7/14

Bocah yang 232 giginya dicabut (Foto: The Independent)  
Kanak-kanak yang 232 giginya dicabut (Foto: The Independent) 
  MUMBAI - Doktor di India telah berhasil mencabut sebanyak 232 gigi dari mulut seorang anak yang berusia 17 tahun. Usaha ini berhasil mereka lakukan usai menempuh operasi selama tujuh jam.

Ashik Gavai dibawa ke Rumah Sakit Mumabi setelah diketahui dirinya mengalami pembengkakan di rahang kanannya. Akibat pembengkakan itu remaja ini terpaksa menderita selama 18 bulan.

Ashik akhirnya dibawa ke kota dari desanya setelah sejumlah doktor setempat tidak dapat mengidentifikasi penyakit yang dia derita.

Salah seorang doktor terkemuka di Kota Mumabi, India Dr Sunanda Dhiware mengatakan bahawa apa yang diderita oleh Ashik sangat langka dan boleh menciptakan rekod dunia. Ashik didiagnosis menderita odontoma komposit di mana di dalam rahangnya terdapat banyak gigi kecil yang tumbuh dan ini semacam tumor jinak.

“Pada awalnya, kita tidak boleh hentikan pertumbuhan gigi itu sehingga kami harus menggunakan alat pahat dan palu untuk mengeluarkan gigi itu,” tutur Sunanda demikian dikutip BBC, Khamis (31/7/2014).

“Setelah kami berhasil, beberapa gigi seperti mutiara mulai keluar, satu-per-satu. Mulanya, kami mengumpulkan mereka. Gigi itu benar-benar seperti mutiara kecil. Tapi kemudian kami mulai lelah setelah menghitung ada 232 gigi yang berhasil dikeluarkan,” tambahnya.

Sekadar informasi, operasi yang dilakukan itu turut melibatkan dua pakar bedah dan dua asisten. ketika  ini pun Ashik sudah memiliki jumlah gigi normal seperti pada umumnya. (faj)okezone

No comments:

Post a Comment