Wednesday, July 30, 2014

PM Israel Telah Minta Bantuan AS untuk Gencatan Senjata

 30/07/2014 

 
AFP
Washington - Pemerintah Israel melalui Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah memintah bantuan ke Amerika Syarikat untuk mengusahakan gencatan senjata di Gaza. Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar  AS, John Kerry ketika berkunjung ke Israel.

"Tadi malam kami berbicara, dan perdana menteri berbicara kepada saya tentang idea dan kemungkinan gencatan senjata," kata Kerry seperti dilansir AFP, Selasa (29/7/2014).

"Ini bukan tentang saya, ini tentang Israel dan hak untuk membela diri," ujar Kerry setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ukraine Pavlo Klimkin.

Menurut Kerry, pihaknya sangat hati-hati untuk menemukan solusi atas serangan tentera di jalur Gaza. Hal ini, bagi Kerry, sangat penting untuk mengurangi korban penduduk awam.

"Kami bekerja sangat hati-hati dengan teman-teman Israel kita, agar dapat menemukan cara untuk mengurangi korban penduduk awam. Kedua belah pihak mengalami kesukaran menemukan solusi ke depan," ujar Kerry.

Sementara itu, Israel semakin gencar melakukan serangan ke Gaza di hari ke-22 invasi tentera tersebut. Korban sudah mencapai lebih 1,000 orang, dan sebahagian besar adalah wanita serta kanak-kanak yang tinggal di Gaza.

Beberapa kali gencatan senjata disepakati, namun tak berlangsung lama. Hingga saat ini, pejuang Hamas menolak gencatan senjata kembali dengan Israel.

"Hal ini lebih tepat untuk mencuba menyelesaikan masalah mendasar di meja perundingan, daripada melanjutkan perang kekerasan, yang akan jauh lebih sulit untuk dipulihkan kembali," kata Kerry. detikNews

No comments:

Post a Comment