Thursday, July 31, 2014

Scotland dan England Akan Sediakan 3.5 juta Poundsterling untuk Bantuan Kemanusiaan Gaza

31/07/2014  

 
Foto: BBC Scotland - Pemerintah Scotland  akan menyediakan dana 500,000 Poundsterling untuk bantuan kemanusiaan di Gaza. Dana itu akan diambil dari anggaran dana bansos nasional.

Seperti dilansir BBC.com, Kamis (31/7/2014), Menteri Urusan Eksternal Scotland  Humza Yousaf menyebut wang tersebut akan dialokasikan untuk penyediaan saluran air, makanan, rumah, serta bantuan perubatan. Ini diberikan kerana telah lebih dari 1,300 orang terbunuh (kebanyakan warga sipil) akibat invasi Israel terhadap militan Hamas.

Yousaf juga berharap masyarakat internasional turut memberikan bantuan seperti Skotlandia. Tetapi hal yang paling penting adalah melakukan upaya mendorong rekonsiliasi agar korban berjatuhan tidak semakin banyak.
"Meningkatnya kekerasan di Gaza telah menyebabkan terlalu banyak nyawa yang hilang dan orang-orang yang akan terluka," ujar Yousaf.


Menurut dia PBB telah menyerukan kedua belah pihak untuk melakukan gencatan senjata. Tetapi menurut Yousaf masih ada hal yang harus diluruskan.
"Serangan roket oleh militan di Gaza yang salah, dan harus berhenti. Namun respon Israel telah sangat tidak proporsional seperti yang ditunjukan oleh hilangnya nyawa masyarakat sipil dan ini tak dapat tergantikan," tegas Yousaf.
Di tengah krisis berkepanjangan di Gaza, rupanya bantuan kemanusiaan dinilai menurun. Itulah sebabnya Skotlandia berniat untuk menggelontorkan dana bansos.

"Ada juga bukti bahwa peningkatan situasi kemanusiaan terus memburuk dan itulah sebabnya pemerintah Skotlandia menyediakan dana 500.000 Poundsterling untuk membantu PBB menyediakan air, makanan, tempat tinggal dan bantuan medis yang dibutuhkan orang di Gaza," papar Yousaf.

Sementara itu Kerajaan Inggris juga akan menambahkan dana bantuan tersebut sebesar 3 juta Poundsterling. Dengan demikian total bantuan yang akan diberikan menjadi 3,5 juta Poundsterling. detikNews

No comments:

Post a Comment