Tuesday, September 16, 2014

Bertemu di Acara TV yang Sama, Dua Isteri Presiden Afrika Selatan Bertengkar... Hadoiii !!!

16 September 2014
 
Mike Hutchings/AP Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan isteri ketiganya Tobeka Madiba.

PRETORIA,   Berpoligami memang rawan menimbulkan masalah, terutama di antara para isteri. Masalah ini menimpa Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma yang diketahui memiliki enam orang isteri.

Tidak lama dulu, dua isteri sang Presiden terlibat pertengkaran ketika hadir bersamaan dalam satu acara bincang-bincang yang dianjur lembaga penyiaran publik, South Africa Broadcasting Corporation (SABC).

Pengelola acara sebelumnya mengirimkan dua undangan berbeda untuk isteri ketiga dan keempat Presiden Zuma, yaitu Tobeka Madiba dan Bongi Ngema. Pengelola acara mulanya berharap salah seorang dari isteri Zuma itu akan memenuhi undangan tersebut.

Tak disangka, kedua wanita itu bersedia datang dalam acara yang membahas masalah jender di Afrika Selatan. Kedua isteri Presiden Zuma itu datang tak bersamaan ke studio SABC di Johannesburg. Sayangnya, kedatangan kedua wanita itu malah menjadikan acara bincang-bincang yang seharusnya menjadi ajang diskusi yang sihat berubah menjadi ajang pertengkaran kedua " wanita negara" itu.

"Pertengkaran dimulai ketika (Tobeka) Madiba dan (Bongi) Ngema bertembung dan saling melihat di ruang redaksi di tingkat tiga bangunan SABC. Keduanya kemudian tak boleh menahan emosi," demikian ungkap The Guardian mengutip staf SABC yang menyaksikan pertengkaran itu.

"Sejumlah sumber mengatakan, kedua ibu negara (wanita pertama) menuduh SABC merancangkan pertemuan mereka berdua hingga pengarah pemberitaan TV Jimi Matthews harus campur tangan. Salah seorang  isteri Zuma mengancam akan menghubungi (pengarah  SABC) Hlaudi Motsoeneng dan meyakini SABC merancang konspirasi melawan mereka. Sungguh memalukan," ujar staf itu.

Akibat pertengkaran kedua ibu negara itu, program bincang-bincang itu harus ditunda kerana Madiba dan Ngema akhirnya menolak diwawancarai, baik bersamaan maupun secara terpisah.

Kemudian, Jimi Matthews mengatakan, masalah itu dipicu buruknya komunikasi internal SABC dan lembaga penyiaran itu sudah meminta maaf secara resmi kepada kedua isteri Presiden Zuma tersebut.

Presiden Jacob Zuma (72) melakukan poligami yang secara tradisional dilakukan suku Zulu. Dia sudah enam kali menikah dan ketika ini secara resmi beristeri empat serta memiliki 21 anak. Salah seorang  isterinya meninggal bunuh diri pada 2000.

Mantan isterinya, Nkosazana Dlamini-Zuma, kini menjadi Ketua Kesatuan Afrika dan berpeluang besar menjadi presiden Afrika Selatan pada masa depan.

Gaya hidup Zuma yang unik ini kerap memicu spekulasi, terutama dalam menerka isteri yang akan dibawanya dalam jamuan makan malam atau kunjungan kenegaraan ke luar negeri.
Editor : Ervan Hardoko
Sumber: The Guardian/ KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment