Sunday, December 21, 2014

PBB Desak Israel Bayar 850 juta dollar AS kepada Lebanon

  21 Desember 2014
 
AFP PHOTO Tumpahan minyak di Libanon kini melebar 120 kilometer sepanjang pesisir laut.
Pertubuhan Bangsa-bangsa Bersatu mengeluarkan sebuah resolusi yang meminta Israel membayar ganti rugi sebanyak 850 juta dollar AS   kepada Lebanon atas tumpahan minyak selama perang dengan Hezbollah pada 2006 lalu.

Resolusi tersebut, yang disokong 170 negara dan ditolak enam negara lain, menyatakan insiden tumpahan minyak merupakan bencana lingkungan hidup yang menyebabkan polusi secara luas.
Insiden itu terjadi, ketika pada 2006, armada jet tempur Israel menggempur sebuah pembangkit elektrik sehingga 15,000 ton minyak tumpah ke bahagian timur Laut Mediteranian. Tumpahannya kini melebar 120 kilometer sepanjang pesisir laut.
Delegasi Israel mengatakan resolusi PBB bias. "Resolusi ini dikeluarkan jauh setelah efek tumpahan minyak terjadi dan bertujuan tidak lain yaitu berkontribusi menciptakan agenda anti-Israel di PBB," sebut pernyataan delegasi Israel sebagaimana dikutip kantor berita Associated Press.
Namun, di sisi lain, resolusi tersebut disambut gembira delegasi Lebanon. Duta Besar Lebanon untuk PBB, Nawaf Salam, mengatakan resolusi tersebut merupakan kemajuan besar.
Konflik 2006 terjadi ketika kelompok Hezbollah di Lebanon melancarkan serangan dan menangkap dua tentera Israel.

Pihak Israel balas melancarkan serangan udara dan laut di seluruh Lebanon dan memobilisasi pasukan ke Lebanon selatan.
Akibatnya, lebih dari 1,000 orang Leibanon, sebahagian besar penduduk awam, dan sekitar 160 orang Israel, sebahagian besar serdadu, meninggal.
Editor : Tri Wahono
Sumber: BBC Indonesia/Kompas.com

No comments:

Post a Comment