Thursday, December 18, 2014

Pelik:Desa ini sejak 2010 dilanda penyakit mengantuk parah

18/12/14
Desa di Kazakhstan sejak 2010 dilanda penyakit ngantuk parah
Desa yang penduduknya selalu mengantuk di Kazakhstan. ©2014 Merdeka.com
Merdeka.com - Sebuah penyakit misteri  sedang menghantui warga Kazakhstan. Pasalnya hampir empat tahun terakhir, warga desa Kalachi, Kazakhstan Utara, terkena penyakit tidur yang aneh.

Penyakit tidur berhari-hari yang disebut warga setempat 'Sleepy Hollow' ini, menurut doktor dan para pakar diakibatkan oleh cairan yang berlebihan di otak. Namun, analisis tersebut masih simpang siur lantaran mereka masih belum tahu secara pasti penyebab penyakit aneh ini.

Selama musim panas 2014 ini hampir 14 peratus dari 600 warga di kota-kota di Kazakhstan telah terpengaruh penyakit tidur yang semakin parah itu. Tercatat 60 orang dibawa ke rumah sakit dengan kondisi pening, tidak mampu berdiri dan ada masalah dengan ingatan, bahkan ada yang menderita seperti halusinasi hidup.

Para doktor dan ilmuwan telah mencari apakah hal tersebut disebabkan oleh bakteria dan virus seperti meningitis atau ada bahan kimia dalam tanah atau air, namun semua hasilnya nihil. Penyakit ini memang misteri  dan aneh.

Penduduk setempat percaya penyakit ini lantaran ada lombong yang sudah ditinggalkan di sekitar tempat tinggal mereka. para pakar sudah memeriksa para mantan pekerja lombong itu dan tidak ditemukan gejala penyakit aneh tersebut.

Beberapa ahli mengatakan penyakit ini semacam gangguan otak atau mungkin sindrom kelelahan kronis, tapi seorang pakar  tidur dari Universiti Loughborough Pusat Penelitian Tidur, Profesor Jim Horne menyangsikan hal itu.
"Saya berfikir ini tidak mungkin," ujar Profesor Horne seperti yang dilansir dari Daily Mail, Khamis (18/12).

Kru film dari Russia Today pernah membuat film dokumentari mengenai wabak ini pada September lalu. Mereka melaporkan mendekteksi radiasi dengan dosis 16 kali lebih tinggi dekat pintu masuk lombong. Mungkin angin dan asap dari lombong tersebut, yang dimaksudkan oleh penduduk sekitar, yang menjadi awal mula penyakit aneh ini terjadi.

"Beberapa orang sudah turun ke bekas lombong tersebut dan mendeteksi adanya bau manis disana. Kami takut dengan hasil lombong  tersebut di toko, kami semua nantinya tertidur," ujar Alsu Shjeladeva, penduduk setempat saat diwawancarai pasukan film dokumentari Russia Today.

Hal serupa juga dikatakan Igor Samusenko, penduduk tempatan yang anaknya terjangkit penyakit tidur misteri  ini. Ia mengatakan sehabis anaknya berjalan di sekitar lombong, ia mulai menunjukkan gejala aneh penyakit itu.

Orang pertama yang terkena penyakit ini adalah Lyubov Belkova. Dia pertama kali tertidur pada bulan April 2010. Sejak itu, penyakitnya kambuh tujuh kali hingga sekarang, lantas menular ke penduduk lain.
sumber Merdeka.com

No comments:

Post a Comment