Wednesday, June 3, 2015

China Kembangkan Mesin ATM Deteksi Wajah

Rabu, 3 Jun  2015 

Tiongkok Kembangkan Mesin ATM Deteksi Wajah
Weibo
Seorang pengguna mencuba menarik wang tunai dari ATM dengan teknologi yang mampu mendeteksi pemilik sah kad ATM, Mei (29/5/2015). 
 
TRIBUNNEWS.COM  China- Peneliti Tiongkok berhasil menciptakan mesin ATM yang menggunakan teknologi pendeteksi wajah pemiliknya, Jumaat (29/5/2015). Inilah penemuan pertama Tiongkok sejak mengembangkan mesin ATM tanpa campur tangan pihak lain.

Keunggulan mesin ATM dengan teknologi ini membuat pengguna kad bank bilik orang lain tak dapat mengambil wang, kendati memiliki nombor rahsia kad. Demikian dilansir Xinhua belum lama ini.

Mesin ATM ini didesain dan diproduksi Tsinghua University dan perusahaan teknologi Tzekwan yang bermarkas di Hangzhou. ATM dengan teknologi terbaru ini akan dihubungkan dengan bank dan balai polis  setempat untuk mencegah tindak jenayah kewangan.

Sebelum mengambil wang, pemilik kadbank harus mendekatkan wajahnya ke kamera yang sudah terinstal ke dalam sistem ATM. Foto atau gambar pengguna ATM akan diverifikasi dengan ID pengguna.

Selain dapat mengidentifikasi karakteria biologis, mesin ATM ini dapat mengidentifikasi pemegang kad ATM jika wajah mereka berubah, sehingga dapat menghindari aksi pencuri yang berusaha mengakali mesin.
Keuntungan ATM berbasis pada identifikasi wajah mampu merakam setiap nombor serial deposit  pemilik untuk menghindari pemalsuan bank.

Akurasi mesin ATM ini ketika mengidentifikasi wajah pemilik kad ATM lebih dari 20 peratus. Mesin ini juga dapat menunjukkan konversi nilai mata wang lokal dengan global. (Xinhua)

No comments:

Post a Comment