Wednesday, July 8, 2015

Di negara ini ayam hingga katak diguna buat ramal gempa

 8/7/15

Di negara ini ayam hingga kodok dipakai buat ramal gempa
Ilustrasi ayam. ©2012 Merdeka.com
  Biro Seismologi di Kota Nanjing, China, mengubah tujuh penternakan hewan menjadi stesyen pemantau gempa.

Menurut laporan akhbar China Daily, para penternak di sana diminta menyampaikan maklumat terbaru kepada biro itu tentang tingkah laku hewan-hewan dua kali sehari.

Menurut biro itu, tingkah laku hewan yang mencurigakan dan tidak normal oleh menjadi pertanda awal akan terjadi gempa. Kelakuan aneh binatang itu misalnya ayam yang naik ke bumbung, ikan yang keluar dari air, atau katak yang tiba-tiba berkelompok, seperti dilansir the Malaysian Insider, Isnin (6/7).

"Penternakan kami tidak diubah jadi stesyen pemantau kerana hewan-hewan akan bertingkah tidak normal ketika mereka diganggu pengunjung," kata seorang penjaga ternak di sana.

Menggunakan hewan untuk meramal gempa memang bukan barang baru di Negera China. Kantor berita pemerintah tahun lalu mengatakan Kota Nanchang memakai jasa anjing untuk memprediksi gempa kecil.

China sering terkena musibah gempa dahsyat yang menyebabkan ratusan hingga ribuan orang meninggal. Tiga orang meninggal  dalam gempa yang terjadi tiga minggu lalu di wilayah Xinjiang.
 Merdeka.com

No comments:

Post a Comment