Thursday, July 2, 2015

Tentera Sudan Selatan Memperkosa dan Bakar Anak Perempuan

Rabu, 1 Julai 2015
 
BBC- Paling tidak 172 wanita dan anak perempuan diculik dan menjadi korban kekerasan seksual.

Tentera Sudan Selatan dan milisi pendukungnya menculik, membakar, dan memperkosa beramai-ramai anak perempuanketika   perang melawan pemberontak. Demikian menurut laporan PBB.

Para penyiasat menemui, paling tidak 172 wanita dan remaja perempuan diculik dan menjadi korban kekerasan seksual.

Seorang wanita diseret keluar dari gubuknya dan diperkosa secara massal di depan anaknya yang berumur tiga tahun. Demikian ungkap laporan itu.

Pemerintah Sudan Selatan menyangkal tenteranya melakukan pelanggaran, tetapi menyatakan akan menyiasat laporan tersebut.

Misi PBB di Sudan Selatan (UNMISS) menyatakan, pelanggaran ketika perang saudara selama 18 bulan menyebabkan kengerian yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara kesatuan penghasil minyak itu.

"Para korban selamat menceritakan operasi terhadap penduduk setempat yang membunuh penduduk awam, penjarahan, dan penghancuran desa," kata laporan itu.

"Sejumlah tuduhan paling mengejutkan yang dikumpulkan petugas hak asasi manusia UNMISS dipusatkan pada penculikan dan penyerangan seksual wanita dan anak perempuan. Sebahagian dari mereka dilaporkan dibakar hidup-hidup di tempat tinggal mereka," tambah PBB.
Editor : Egidius Patnistik
Sumber: BBC Indonesia/KOMPAS.com 

No comments:

Post a Comment