Thursday, April 28, 2016

Serangan udara AS bakar simpanan wang tunai ISIS bernilai USD 800 juta

27/4/16

Serangan udara AS bakar simpanan uang tunai ISIS senilai Rp 10,5 T
Jet tempur Koalisi Barat gempur markas ISIS. ©AFP PHOTO/HO/WAM
Serangan udara Amerika Syarikat menghancurkan wang simpanan kelompok  ISIS  sebesar USD 800 juta  . Koalisi melawan ISIS ini sebelumnya juga telah menghancurkan depot wang ISIS dimana tersimpan wang sebanyak USD 150 juta 

Menurut Angkatan Udara AS, Mayjen Peter Gersten mengatakan kelompok pengganas tersebut sudah muflis dan juga gagal dalam merekrut mereka anggota baru. Gersten yang juga merupakan wakil komandan untuk operasi tentera ini mengatakan akan mencuba untuk mematahkan semangat ISIS.
"Kami melihat sebuah kehancuran dari ISIS," kata dia seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu (27/4).

"Kami juga melihat ketidakmampuan mereka membayar orang, ketidakmampuan untuk melawan, kami menonton mereka mencuba untuk meninggalkan ISIS setiap harinya dengan berbagai cara," sambung Gersten.

Sejak akhir tahun lalu, angka orang asing yang bergabung dengan ISIS semakin menurun. Dari sekitar 1,500 hingga 2,000 orang   sebulan menjadi 200 saja.

Kementerian Luar Negeri AS sendiri mengaku ISIS ketika ini semakin  lemah. Kemungkinan besar orang yang mau bergabung dengan ISIS mulai berfikir untuk ikut kelompok tersebut sebab gajinya semakin kecil.

Hal ini terbukti dari pemberitaan beberapa waktu lalu yang menyebutkan para militan ISIS harus rela gajinya dipotong setengah. Semakin menyusutnya wilayah kekuasaan dan harga minyak yang turun boleh jadi penyebab dari miskinnya ISIS ketika ini. 

Sumber:Merdeka.com  



No comments:

Post a Comment