Friday, July 22, 2016

Mantan Presiden Dibebaskan dari Tahanan


Mantan Presiden Filipina dibebaskan (Foto: NYTimes)
Mantan Presiden Filipina dibebaskan (Foto: NYTimes)

MANILA – PMahkamah antikorupsi Sandiganbayan akhirnya memerintahkan pembebasan mantan Presiden Filipina, Gloria Macapagal Arroyo dari tahanan rumah sakit. Pembebasan itu berdasarkan pada keputusan Mahkamah Agung yang menggugurkan dakwaan korupsi terhadap perempuan berusia 69 tahun itu.

Setelah menerima keputusan mahkamah tinggi, Sandiganbayan langsung memerintahkan pihak  polis  untuk membebaskan Arroyo beserta terdakwa Benigno Aguas dari tahanan. Demikian sebagaimana dilansir CNN, Khamis (21/7/2016).   

Salinan keputusan Sandiganbayan sudah diberikan kepada Jaksa Khusus, peguam Arroyo, Kapolri Filipina Ronald Dela Rosa, unit pengamanan Arroyo dan Direktur Veterans Memorial Medical Center (VMMC) di mana Arroyo ditahan selama hampir empat tahun.

Mantan Presiden Filipina itu ditahan pada Oktober 2012 atas tuduhan menyalahgunakan dana intelijen sebesar USD7.7 juta   Philippine Charity Sweepstakes Office (PCSO) dari 2008 sampai 2010.
Selama ini, Arroyo ditahan di rumah sakit setelah didiagnosa mengalami penyakit spondylosis serviks, sebuah penyakit regeneratif.

Dari rumah sakit Veteran, Arroyo pergi menuju rumahnya di La Vista Subbagian. Menurut salah satu peguamnya, mantan Presiden Filipina itu akan segera menjalani pemeriksaan perubatan.

1 comment: