Thursday, December 1, 2016

Astronot China dengar suara misteri di luar angkasa

1/12/16

Astronot China dengar suara misterius di luar angkasa
Astronot Yang Liwei. ©2016 Daily Mail
 Seorang astronot asal China, Yang Liwei, baru-baru ini mengungkapkan pengalaman tak terlupakan ketika  dirinya sedang mengudara di luar angkasa untuk pertama kali pada 2003 silam dalam satu wawancara.

Ketika itu, Liwei yang sedang menjalankan misi 21 jam di luar angkasa mendengar suara misteri  dari pesawat Shenzhou 5 yang ditumpanginya. Suara tersebut terdengar seperti palu yang memukul-mukul ember besi. Hal tersebut sontak membuat Liwei terkejut dan khuatir.

"Suara itu tidak datang dari luar maupun di dalam pesawat ruang angkasa, tetapi terdengar seperti seseorang mengetuk badan pesawat ruang angkasa. Suaranya seperti ember besi yang diketuk dengan palu kayu," kata Liwei, seperti dilansir dari laman Daily Mail, Khamis (1/12).

Ketika Liwei mencuba mencari tahu dengan mendekat ke dekat jendela pesawat, dia tidak menemukan sesuatu yang aneh, baik di dalam maupun di luar.
Ternyata tidak hanya Liwei yang mendengar suara tersebut, para astronot di pesawat Shenzhou 6 dan Shenzhou 7 pun mendengar hal yang sama.
"Suara di luar angkasa fenomena yang biasa terjadi. Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhuatirkan," ungkap Liwei.

Setelah mendarat di bumi, Liwei pun mencuba mengulang kembali suara tersebut dengan alat-alat yang dia ada. Dia berharap teknisyen badan antariksa dapat memecahkan teka-teki tersebut. Namun, belum ada yang dapat  menentukan sebab timbulnya suara tersebut.

Liwei merupakan orang pertama yang dikirim China untuk menjalankan program di luar angkasa. China sendiri telah membuat teleskop radio terbesar dan ruang laboratorium di sebuah stesyen luar angkasa untuk mempersiapkan misi perjalanan ke planet Mars.
 Sumber:Merdeka.com

No comments:

Post a Comment