Friday, December 2, 2016

Dihukum bunuh 21 Tahun Lalu, Lelaki Itu Dinyatakan Tak Bersalah. Nanya betul

2/11/16

Mahkamah Agung China. (Foto: Getty Images)
Mahkamah Agung China. (Foto: Getty Images)

BEIJING - Seorang lelaki di China bernama Nie Shubin dimasukkan ke penjara atas tuduhan perkosaan dan pembunuhan. Shubin telah dieksekusi oleh pasukan penembak jitu pada 1995 di usianya yang ke-20 tahun.

Namun, tahun ini Mahkamah Agung China memutuskan bahwa Shubin telah bebas dari semua dakwaan dan tuduhan yang dituduhkan padanya. Mendiang Shubin dinyatakan bersih dan tidak bersalah. Hal ini berdasarkan fakta-fakta bahwa bukti yang digunakan dalam perbicaraan Shubin tidak jelas dan tidak cukup kuat.

Dilansir dari BBC, Jumaat (2/11/2016) sebelumnya selama dua dekade keluarga Shubin tidak pernah lelah dan tak pantang menyerah memperjuangkan pembersihan nama Shubin dari cap seorang penjenayah. Mereka percaya bahwa Shubin tersebut tidak bersalah. Dan kini akhirnya perjuangan mereka tercapai, meskipun kenyataan pedih harus diterima setelah kehilangan Shubine untuk selamanya. Tak lupa mereka juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung perjuangan mereka.

Selain Shubin, 11 tahun lalu juga terdapat orang yang mengaku tidak bersalah atas tuntutan yang ditujukan padanya. Namun, pembelaan lelaki yang tidak disebutkan namanya itu ditolak oleh mahkamah.

Mahkamah di China memiliki tingkat keyakinan lebih dari 99 peratus dalam mendakwa seseorang. Jumlah resmi terdakwa yang dieksekusi merupakan rahsia negara, namun diyakini mencapai ribuan terpidana mati yang dieksekusi setiap tahun.(rav)

No comments:

Post a Comment