Wednesday, December 14, 2016

Raja Baru Thailand Bebaskan 30,000 Banduan

13/12/16

 
STRINGER / Royal Thai Bureau / AFP Dokumentasi Kerajaan Thailand, menggambarkan Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn memberikan penghormatan kepada mendiang  ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, sesaat setelah dia didaulat menjadi Raja baru Thailand 1/12/2016). 
 
BANGKOK   - Raja baru Thailand Maha Vajiralongkorn memberikan pengampunan kepada puluhan ribu banduan
Pengampunan yang merupakan sebahagian dari aksi belas kasihan kerajaan ini, menjadi kesempatan pertama Vajiralongkorn yang baru didaulat sebagai raja menggantikan ayahnya.

Seperti diberitakan AFP,  menyusul kematian Raja Bhumibol Adulyadej di usia 88 tahun pada bulan Oktober lalu, kepemimpinan selama tujuh dekade pun beralih ke tangan Vajiralongkorn.
Kematian Bhumibol menyebabkan bangsa Thailand mengalami kesedihan akibat hilangnya tokoh pemersatu.

Putera tunggal  Bhumibol, Putera Vajiralongkorn yang berusia 64 tahun pun didaulat menjadi raja baru bagi Thailand pada awal Disember ini. 

Pengampunan kepada banduan kali ini menjadi kesempatan pertama bagi Raja Vajiralongkorn dalam tradisi tahunan kerajaan tersebut. 
Berdasarkan pernyataan tertulis kerajaan yang dipublikasikan The Royal Gazette yang menjadi media kerajaan, pada Ahad kemarin.

Pengampunan ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu diadakan di masa kepemimpinan Raja Bhumibol.
Dalam pengampunan tahun ini, mereka yang menerima belas kasihan dari kerajaan adalah, para wanita yang melakukan jenayah tingkat pertama.

Selain itu, banduan yang telah menjalankan sepertiga masa hukuman, serta banduan dengan kurang upaya dan sakit parah, pun mendapat pengampunan. 
Keterangan yang dipublikasikan tak menyebut berapa jumlah pasti banduanvyang mendapat pengampunan. 

Kendati demikian, mengutip dari Bangkok Post, yang memuat keterangan dari Ketua kementerian Pemasyarakatan, Kobkait Kasiwat, disebutkan, ada 30,000 banduan yang dibebaskan menyusul pengampunan ini.
Sementara, 70,000 banduan lainnya diperkirakan mendapatkan pengurangan masa hukuman.

Sejak Vajiralongkorn dilantik sebagai Raja Rama X, kerajaan Thailand telah memberikan bantuan untuk mangsa bencana banjir, dan membuka Balai Kota untuk umum.
 Sumber:KOMPAS.com

No comments:

Post a Comment