Tuesday, March 28, 2017

Gila! Petani Ini Pasang Sound System Mahal di Traktor

27/3/17

Murat Karlioglu memasang seperangkat sound system di traktornya. (Foto: Milliyet/Facebook)
Murat Karlioglu memasang seperangkat sound system di traktornya. (Foto: Milliyet/Facebook)

NAZILI - Merombak interior hingga memasang berbagai fitur tambahan biasa dilakukan pemilik mobil. Namun petani di Turki ini nampaknya tak mau ketinggalan. Demi menyalurkan hobinya mendengarkan musik, ia rela merogoh kocek amat dalam untuk memasang seperangkat sound system di traktornya.
Murat Karlioglu rela merogoh kocek hingga 7.000 lira (Rp26,6 juta) untuk memasang sound system di traktornya. Modifikasi ini dilakukan karena dia sangat suka mendengarkan musik saat bekerja di ladang pertanian.

Pria berusia 30 tahun ini tinggal di Kota Nazilli, Provinsi Aydin, Turki. Jika akan melintasi jalan, para tetangga sudah dapat mengetahuinya bahkan sebelum dia muncul. Tentu saja suara lagu yang diputarnya di atas traktor telah terdengar dalam jarak yang jauh. Memang, traktor itu sebelum dia modifikasi telah memiliki speaker

Meski demikian, dia tak puas dengan kualitas suara yang dihasilkan speaker versi standar tersebut. Dia pun menabung untuk dapat mengganti speaker itu dengan produk yang kualitasnya lebih baik. Hasilnya sangat memuaskan. 

Kini, traktor Murat memiliki sound system yang sama bagus dengan yang terpasang di mobil-mobil mewah. Speaker itu berkekuatan besar dengan sejumlah tweeter, serta speaker dengan frekuensi tinggi. Satu subwoofer besar juga terpasang di traktor tersebut. 

Tak hanya itu, amplifiers untuk meningkatkan amplitudo sinyal listrik juga sudah menempel di traktor itu. Dengan sound system secanggih itu, traktor tersebut mengeluarkan suara yang sangat nyaman di telinga. Keunikan traktornya membuat Murat kian terkenal di Nazili. 

"Sekarang, saya berencana menyewakan traktor ini. Mereka bisa menyewanya untuk keperluan pernikahan atau acara lainnya yang membutuhkan sound system berkekuatan tinggi," ungkap Murat, dilansir Oddity Central.
Suara musik yang keras selalu terdengar saat dia menuju dan pulang dari ladang pertanian. Para tetangganya sudah terbiasa dengan jadwal Murat. Para tetangganya tidak terlalu mengambil pusing dengan alunan lagu dari traktornya, selama Murat memainkan lagu-lagu berbahasa Turki. 

Dengan lagu-lagu itu, para tetangga dan orang-orang yang melintas dapat turut mendengarkan musiknya. Salah satu penggemar traktor Murat adalah Jessie, anjing peliharaan miliknya. Sejak Murat memasang sound system berkualitas bagus itu, Jessie selalu menemani Murat setiap hari untuk pergi ke ladang. 

Jessie biasa duduk santai di salah satu sudut traktor dan menikmati musik dengan suara keras tersebut. Kini aktivitas harian Murat mendapat banyak perhatian dari media lokal, nasional, dan internasional. 
Okezone

No comments:

Post a Comment