Thursday, April 20, 2017

Negara Ini Perbolehkan Bayar Wang Sekolah dengan Kambing

19/4/17

Ilustrasi (foto: Reuters)
Ilustrasi (foto: Reuters)

HARARE – Zimbabwe memperbolehkan orang tua yang tak mampu membayar wang sekolah dengan kambing atau domba. Selain itu, mereka juga boleh membayar biaya pendidikan putranya dalam bentuk bekerja untuk sekolah.
Menteri Pendidikan Zimbabwe Lazarus Dokora, mengatakan kepada Sunday Mail, harian pro pemerintah, bahwa sekolah harus fleksibel dalam menuntut pembayaran biaya sekolah dari para orangtua.
Langkah itu dilakukan menyusul kebijakan yang ditetapkan minggu lalu di mana rakyat Zimbabwe diperbolehkan menggunakan hewan ternak sebagai jaminan pinjaman bank.
“Orangtua siswa yang khuatir dapat membayar dengan menggunakan ternak. Hal itu kebanyakan dilakukan di daerah perdesaan, tetapi di daerah perkotaan dan pusat kota orangtua dapat membayar dengan cara lain, contohnya melakukan pekerjaan tertentu untuk sekolah,” kata Lazarus sebagai mana dilansir BBC, Rabu (19/4/2017).
Zimbabwe mengalami krisis kekurangan wang tunai yang para yang menyebabkan rakyat harus beratur berjam-jam di bank untuk mengeluarkan wang tunai. Kelangkaan wang tunai itu disebabkan dibawanya wang tunai ke luar Zimbabwe, tidak adanya investasi yang masuk ke dalam negara dan tingkat pengangguran yang meroket.
Penggunaan hewan ternak sebagai bentuk pembayaran ditanggapi dengan ejekan dan kemarahan rakyat. Nilai setiap hewan ternak yang tidak sama juga berpotensi menimbulkan masalah baru bagi pemerentah
Sumber: Okezone

No comments:

Post a Comment